Selalu Umumkan PPKM Saat Malam Hari, Pengamat Bongkar Borok Jokowi | DEMOCRAZY News | Media Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Senin, 09 Agustus 2021

Selalu Umumkan PPKM Saat Malam Hari, Pengamat Bongkar Borok Jokowi

Selalu Umumkan PPKM Saat Malam Hari, Pengamat Bongkar Borok Jokowi

Selalu Umumkan PPKM Saat Malam Hari, Pengamar Bongkar Borok Jokowi

DEMOCRAZY.ID - Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahardiansyah mengungkapkan buruknya komunikasi Presiden Jokowi terkait pengumuman PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang kerap dikabarkan saat malam hari.


Menurut Trubus, komunikasi publik yang dilakukan saat malam hari oleh pejabat sekelas kepala negara tersebut sangatlah buruk.


Makanya tidak heran apabila masyarakat merasa bahwa kebijakan yang diumumkan oleh pemerintah seakan dilakukan secara sembunyi atau diam-diam.


“Menyampaikannya malam itu masalah komunikasi publik, pemerintah ini membuat kebijakan itu seperti selalu tersembunyi, diam-diam, harusnya diumumkan siang atau pagi itu, kebijakannya jadi tidak efektif,” ujarnya, pada Senin, 9 Agustus 2021.


Bikin Rakyat Bingung


Terlebih kebijakan yang baru diumumkan saat malam hari ini bisa membingungkan banyak lapisan masyarakat, di antaranya petugas di lapangan, rakyat, hingga pejabat daerah.


“Ini membingungkan pelaksana di lapangan di daerah, diumumkan malam ini besok harus dilaksanakan,” jelasnya.


Pihaknya juga membicarakan soal fungsi Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) yang sebenarnya tidak perlu.


Hal itu lantaran, kata Trubus, penanganan pandemi seharusnya dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi yang bisa menginstruksi langsung ke kepala daerah.


“KPCPEN tidak usah, untuk apa, kan sudah ada Gubernur Wali Kota, Bupati, nanti tinggal dikoordinasikan, gak perlu lagi ada yang namanya Satgas Covid-19, KPCPEN segala macam, karena sistem kita kan presidensial,” imbuhnya.


Terkait Nasib PPKM


Sebagaimana diketahui pada hari ini (9/8/2021), penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 akan berakhir. Keberlangsungan perpanjangan PPKM masih menjadi perhatian banyak pihak.  


Masyarakat pun mempertanyakan apakah PPKM level 4 akan diperpanjang kembali atau tidak.


PPKM darurat hingga kemudian berganti menjadi PPKM level 4 mulai diberlakukan sejak 3 Juli 2021 merespons lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas evaluasi perkembangan dan tindak lanjut PPKM level 4, pada Sabtu (7/8/2021). 


Dari hasil evaluasi, ia menyampaikan bahwa ada pergeseran lonjakan kasus Covid-19 di luar Jawa-Bali. 


“Selama 2 minggu terkahir ini saya melihat penambahan kasus-kasus baru di provinsi-provinsi di luar Jawa-Bali terus meningkat,” kata Jokowi melalui siaran di YouTube Sekretariat Presiden. [Democrazy/bkn]