Minta Semuanya Sabar, Opung Luhut: Kita Bakal Cari Jalan Ekonomi Bisa Pulih Kembali | DEMOCRAZY News | Media Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Jumat, 06 Agustus 2021

Minta Semuanya Sabar, Opung Luhut: Kita Bakal Cari Jalan Ekonomi Bisa Pulih Kembali

Minta Semuanya Sabar, Opung Luhut: Kita Bakal Cari Jalan Ekonomi Bisa Pulih Kembali

Minta Semuanya Sabar, Opung Luhut: Kita Bakal Cari Jalan Ekonomi Bisa Pulih Kembali

DEMOCRAZY.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Inveatasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat dan pedagang bersabar dengan kondisi pandemi saat ini. 


Hal itu disampaikannya saat bertemu warga dan pedagang di kawasan Malioboro, Yogyakarta. 


“Saat ini saya minta semua sabar, kita cari jalan bersama dan ekonomi juga bisa pulih kembali. Saya pesankan untuk semuanya yang penting sekarang sehat,” ujar Luhut dilansir dari siaran pers di laman resmi Kemenko Marves, Jumat (6/8/2021). 


Oleh karenanya, Luhut mengingatkan kepada seluruh warga dan pedagang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan selalu menjaga jarak.


Luhut melanjutkan, saat ini pemerintah dan para ahli sepakat bahwa pengendalian Covid-19 dapat dicapai melalui disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan (3M). 


Kemudian, pelaksanaan testing, tracing dan treatment yang terus ditingkatkan serta percepatan vaksinasi Covid-19.


"Dengan disiplin masyarakat yang baik, harapannya ke depan sudah bisa terjadi pelonggaran pelan-pelan agar para pedagang bisa bergerak, tetapi tetap dengan protokol kesehatan yang ketat,” tegasnya. 


Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah saat ini masih melihat kapan mobilitas masyarakat bisa kembali didorong.


Menurutnya, pada Agustus ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) masih terus dilakukan. 


"Kuartal ketiga kita masih melihat kapan kita bisa mendorong kegiatan mobilitas masyarakat. Marena Agustus ini kita masih terus menerapkan PPKM yang menekan mobilitas," ujar Airlangga dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (5/8/2021).


Terkait dengan pelaksanaan PPKM level 4 dan level 3, Airlangga mengingatkan bahwa semuanya tergantung dari tingkat kedisiplinan masyarakat di masing-masing daerah dalam mematuhi protokol kesehatan. 


Untuk memaksimalkan PPKM, lanjut Airlangga, pemerintah akan terus mendorong vaksinasi Covid-19 selama Agustus. 


Sebanyak 73 juta dosis vaksin telah disiapkan untuk penyuntikan bulan Agustus. 


"Pemerintah mendorong vaksinasi di bulan Agustus ini yang disiapkan 73 dosis. Selain itu peningkatan kapasitas RS, ketersediaan obat-obatan serta tenaga kesehatan terus dilakukan," tambahnya. [Democrazy/tkb]