Juliari Batubara Minta Dibebaskan, Rocky Gerung: Orang Gila Ini Mestinya Dapat Dua Kali Hukuman! | DEMOCRAZY News | Media Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Selasa, 10 Agustus 2021

Juliari Batubara Minta Dibebaskan, Rocky Gerung: Orang Gila Ini Mestinya Dapat Dua Kali Hukuman!

Juliari Batubara Minta Dibebaskan, Rocky Gerung: Orang Gila Ini Mestinya Dapat Dua Kali Hukuman!


Juliari Batubara Minta Dibebaskan, Rocky Gerung: Orang Gila Ini Mestinya Dapat Dua Kali Hukuman!

DEMOCRAZY.ID - Pengamat politik Rocky Gerung menilai permohonan pembebasan yang diajukan Juliari Batubara atas kasus korupsi bansos terlihat aneh.


Rocky Gerung menyebut Juliari Batubara yang mengajukan permohonan pembebasan dari hukuman akibat korupsi bansos sebagai 'orang gila' karena telah menimbulkan penderitaan banyak masyarakat yang kurang mampu dan sangat membutuhkan.


"Kan yang menderita itu ratusan ribu emak-emak yang juga punya ratusan ribu anak-anak. Jadi ini (Juliari Batubara) orang gila yang mesti dua kali dihukum, hukum secara pidana dan hukum secara moral," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Selasa, 10 Agustus 2021.


Rocky Gerung menilai adanya hal yang kontras jika dibandingkan dengan kasus kerumunan yang menjerat Habib Rizieq.


Rocky Gerung mengapresiasi sikap Habib Rizieq yang tidak mengajukan permohonan pembebasan untuk dirinya meski masa hukumannya diperpanjang.


"Kita lihat kontrasnya tuh, Habib Rizieq harusnya bebas tapi diperpanjang karena ada kasus baru nggak minta-minta leyeh-leyeh atau nelangsa-nelangsa semacam si Batubara itu," ujarnya.


Rocky Gerung kemudian menyinggung sikap Juliari Batubara yang tak menyadari bahwa dirinya telah melakukan tindak kejahatan yang luar biasa.


Menurutnya, jika permohonan pembebasan Juliari Batubara dikabulkan hal tersebut dapat menjadi preseden buruk bagi penegakan hukum di Indonesia.


"Jadi terlihat dia nggak paham bahwa dia barusan melakukan kejahatan. Jadi kalau semua orang bisa pakai dalil dengan dia ya udah kita jadi koruptor aja rame-rame terus nanti bilang 'Aduh penderitaan saya bagaimana'," katanya.


Rocky Gerung menilai, hasil korupsi yang dilakukan Juliari Batubara justru dapat memberikan dampak buruk bagi anak dan anggota keluarga lainnya.


Akan tetapi, Juliari Batubara justru tidak pernah menyadari kesalahannya sehingga dia tetap bersikeras untuk mengajukan permohonan pembebasan.


"Ketika hasil korupsi itu mengalir ke anak-anaknya, keluarganya, apa dia berpikir bahwa dia akan minta diringankan? Jadi dia sendiri nggak tahu bahwa dia sendiri telah berbuat jahat tapi minta dibebaskan," ujar dia.


Rocky Gerung menduga bahwa akan ada skenario yang memungkinkan agar Juliari Batubara dapat menerima pembebasan dari tuntutan hukumannya dengan mudah.


Dia menyebut Juliari Batubara akan diminta oleh pengacaranya untuk menangis secara dramatis dalam persidangan.


"Kelihatan ini polanya tuh, jadi ada jaksa yang mungkin ketemu dengan pengacara Juliari terus bilang 'Suruh dia bikin tangisan yang merintih-rintih supaya ada alasan bahwa ini orang baik tuh, jadi kita pertimbangkan kemanusiaannya' kira-kira begitu kan settingan-nya?," tuturnya. [Democrazy/rep]