Dulu Diimami Shalat oleh Jokowi, Presiden Afghanistan Kini Kabur Usai Kekuasaannya Direbut Taliban | DEMOCRAZY News | Media Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Rabu, 18 Agustus 2021

Dulu Diimami Shalat oleh Jokowi, Presiden Afghanistan Kini Kabur Usai Kekuasaannya Direbut Taliban

Dulu Diimami Shalat oleh Jokowi, Presiden Afghanistan Kini Kabur Usai Kekuasaannya Direbut Taliban


Dulu Diimami Shalat oleh Jokowi, Presiden Afghanistan Kini Kabur Usai Kekuasaannya Direbut Taliban

DEMOCRAZY.ID - Nama presiden Afghanistan, Ashraf Ghani belakangan menjadi salah satu yang mencuri perhatian selain kabar pengambilalihan negaranya oleh kelompok Taliban.


Ghani diketahui melarikan diri alias kabur tak lama usai kelompok Taliban merangsek masuk dan menguasai Ibu Kota Afghanistan, Kabul.


Ghani disebut-sebut kabur dengan menggunakan helikopter ke Tajikistan. 


Aksi Ghani sempat menjadi sorotan bahkan kritik karena dinilai melarikan diri dari tanggung jawab terhadap rakyatnya di Afghanistan.


Aksi melarikan diri Ghani juga sempat disentil oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang meminta agar Ghani mengedepankan diplomasi.


Biden menerangkan sebenarnya dia sudah mewanti-wanti agar Ghani mengedepankan diplomasi.


"Tetapi Tuan Ghani menjawab dia memilih pasukannya harus bertarung dengan Taliban. Di situlah dia salah," ujar Biden dalam konferensi pers Senin, 16 Agustus 2021.


Selain aksi kaburnya yang mencuri perhatian dunia internasional, di Tanah Air Ghani juga menjadi perbincangan usai negaranya kini dikuasai kelompok Taliban.


Warganet Indonesia banyak membicarakan momen pertemuan Ghani dengan Presiden Jokowi pada 2018 silam.


Saat itu Presiden Jokowi mengadakan kunjungan ke Afghanistan. 



Namun yang menarik adalah Presiden Jokowi sempat menjadi imam shalat dhuhur dimana Ghani adalah salah satu makmumnya.


Pada 2018, video kebersamaan keduanya sempat dibagikan oleh Biro Setpres yang kemudian video tersebut juga kini banyak dibagikan warganet.


Dalam video, Jokowi sempat memberikan kopiah atau peci kepada Ghani, sebaliknya Ghani memberi Jokowi ikat kepala khas Afghanistan.



Keduanya juga berpelukan dan tersenyum dan berjalan menuju Masjid di Istana Kepresidenan Agr, Kabul, Afghanistan sebelum akhirnya shalat dzuhur berjamaah.


Seorang warganet di Twitter dengan akun @Falsa*** juga turut berkomentar ihwal momen Presiden Jokowi menjadi imam shalat Ghani.


"Ternyata pak Jokowi pernah jadi imam saat shalat berjamaah dengan president afghanistan yang kabur ke luar negeri itu... keren!," katanya disertai sebuah artikel berita Jokowi menjadi imam shalat.






Seperti diketahui, setidaknya sejak Minggu, 15 Agustus 2021 Afghanistan dikuasai oleh kelompok Taliban.


Bahkan pihak Taliban telah mendeklarasikan bahwa perang di negara itu telah berakhir dan kekuasaan penuh kini ada di tangan pihaknya. [Democrazy/pkr]