POLITIK

Terungkap! Rizal Ramli Beberkan Penyebab Gus Dur Lengser Hingga Membuat Megawati Menangis Tersedu-sedu

DEMOCRAZY.ID
Juli 23, 2021
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Terungkap! Rizal Ramli Beberkan Penyebab Gus Dur Lengser Hingga Membuat Megawati Menangis Tersedu-sedu

Terungkap! Rizal Ramli Beberkan Penyebab Gus Dur Lengser Hingga Membuat Megawati Menangis Tersedu-sedu

DEMOCRAZY.ID - Dalam acara bincang-bincang '20 Tahun Pemakzulan Guz Dur: Siapa Sang Dalang?' pada kanal Youtube Reffly Harun, Kamis (23 Juli 2021) malam, ekonom senior Rizal Ramli berkisah soal pemakzulan Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pada tahun 2001.


Kala itu, pria yang akrab disapa RR ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan, dan Industri (Menko Ekuin).


RR mengaku dirinya dipanggil Megawati Soekarnoputri selaku Wapres ke kantornya di kawasan Medan Merdeka Selatan Jakarta Pusat.


RR menyebutkan, saat ditemuinya Megawati menangis tersedu-sedu akibat ucapan Gus Dur.


Ucapan tersebut pun membuat suami Megawati, almarhum Taufik Kiemas dan putrinya Puan Maharani sangat marah.


"Megawati tidak terima ucapan Gus Dur itu," kata RR, tanpa mengungkap ucapan Gus Dur kala itu.


RR hanya menyebut hal tersebut adalah masalah pribadi. 


"Jadi, bukan urusan negara. Oleh karena itu, Megawati mengatakan tidak akan membantu Gus Dur bila DPR mengajukan interpelasi kedua, jika dalam waktu 2 pekan tidak meminta maaf," ujar RR.


RR menyebutkan, Megawati membantu Gus Dur ketika DPR mengajukan interpelasi pertama, agar tidak terjadi sesuatu pada pemerintahan.


“Saya pun menelepon sohib Gus Dur, Pak Alwi Shihab supaya ke Istana dan membujuk Gus Dur untuk minta maaf. Namun, Gus Dur tidak mau minta maaf, karena merasa benar,” kata RR.


Sehingga RR pun langsung meminta putri Gus Dur yakni Yenny Wahid untuk membujuk ayahnya sendiri. 


"Saya juga sendiri datang ke Istana membujuk, namun Gus Dur tetap tidak mau minta maaf,” ungkapnya.


“Hubungan saya seperti teman, bapak dan anak, saya peluk dia, dan bilang jatuh ini pemerintahan kalau tidak minta maaf. Gus tak usah campur kalau bukan urusan negara, tapi akhirnya berjalan proses pemakzulan,” katanya.


Setelah itu, ujarnya, berjalan proses pemakzulan Gus Dur termasuk tank Kostrad turun ke Monas dan moncongnya diarahkan ke Istana.


RR menilai hal itu merupakan ‘kudeta tidak langsung’.


Seperti diketahui pemerintahan Gus Dur dimulai pada 20 Oktober 1999 dan berakhir pada Sidang Istimewa MPR pada tahun 2001.


Tepat 23 Juli 2001, kepemimpinannya digantikan oleh Megawati Soekarnoputri setelah mandatnya dicabut oleh MPR.


Selain RR, para pembicara yang hadir pada diskusi mengenang 20 tahun pemakzulan Gus Dur adalah eks Mensos Bachtiar Chamsyah, mantan Jubir Gus Dur Adhie Massardi, pengamat politik Eep Saefulloh Fatah, politisi Fuad Bawazier dan MS Kaban. [Democrazy/pkr]

Penulis blog