Simak! 8 Poin Hasil Rapat Terbatas Penanganan Covid-19, Salah Satunya Bantuan Makanan Pokok | DEMOCRAZY News | Media Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Selasa, 13 Juli 2021

Simak! 8 Poin Hasil Rapat Terbatas Penanganan Covid-19, Salah Satunya Bantuan Makanan Pokok

Simak! 8 Poin Hasil Rapat Terbatas Penanganan Covid-19, Salah Satunya Bantuan Makanan Pokok

Simak! 8 Poin Hasil Rapat Terbatas Penanganan Covid-19, Salah Satunya Bantuan Makanan Pokok

DEMOCRAZY.ID - Pasien Covid-19 masih menunjukkan angka yang cukup tinggi. Hal ini tentu membuat berbagai pihak berusaha untuk menghentikan penyebarannya.


Pemerintah memutuskan untuk mengadakan program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, khususnya di Jawa dan Bali.


Selain itu, masyarakat dihimbau untuk lebih ketat dalam mematuhi protokol kesehatan sesuai aturan.


Program vaksinasi juga digencarkan dengan tujuan untuk meningkatkan imunitas masyarakat Indonesia.


Kabar terbaru, pemerintah telah mengadakan rapat terbatas yang membahas terkait penanganan di tengah pandemi Covid-19 saat ini.


Dari hasil rapat tersebut, diperoleh delapan poin penting. 


Melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan hasil rapat tersebut.


1. Berdasarkan hasil pantauan implementasi PPKM Darurat periode 3-10 Juli, seluruh provinsi di pulau Jawa dan Bali sudah menunjukkan penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat di level 10-15 persen.


2. Masyarakat diimbau mematuhi aturan PPKM Darurat, disiplin menjalankan protokol kesehatan, dan mengikuti program vaksinasi untuk membantu pengendalian Covid-19.


3. Pemerintah telah menambah ketersediaan tempat tidur dan ICU, juga meminta TNI untuk membuka RS lapangan khususnya tambahan ruang ICU bagi pasien Covid-19.


4. Pemerintah akan mengupayakan obat terapi Covid-19 yang diimpor agar dapat diproduksi dalam negeri.


5. 300.000 paket obat akan dibagikan untuk pasien tanpa gejala dan kelas penyakit yang masih tidak serius (10 persen paket obat untuk pasien gejala, 60 persen untuk pasien bergejala demam dan anosmia, 30 persen untuk pasien bergejala demam dan batuk).


6. Untuk memenuhi kebutuhan oksigen, pemerintah sedang memproses impor 40.000 ton oksigen liquid, 50.000 oksigen konsentrator juga akan didatangkan untuk menambah stok yang sudah ada dan akan dibagikan ke pasien bergejala ringan yang sedang isolasi mandiri di rumah.


7. Jumlah vaksin Covid-19 yang tiba bulan ini terus bertambah dan akan langsung didistribusikan dengan fokus pada daerah pinggiran kota.


8. Pemerintah akan menyalurkan bantuan beras dengan jumlah antara 5 kg dan 10 kg, yang pembagiannya akan dilaksanakan oleh TNI dan Polri.


Itulah delapan poin hasil dari Rapat Terbatas terkait dengan Penanganan Pandemi Covid-19.


Hasil rapat ini juga menuai respon dari netizen. Ada yang mengeluhkan jika PPKM Darurat ini diperpanjang.


“Semoga keadaan segera pulih. Mohon PPKM jgn diperpanjang,” tulis komentar salah satu netizen. [Democrazy/sma]