Luhut Minta Maaf Soal PPKM Darurat, Refly Harun: Ya Setidaknya Meruntuhkan 'Keangkuhan' Mereka Selama Ini | DEMOCRAZY News | Media Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Minggu, 18 Juli 2021

Luhut Minta Maaf Soal PPKM Darurat, Refly Harun: Ya Setidaknya Meruntuhkan 'Keangkuhan' Mereka Selama Ini

Luhut Minta Maaf Soal PPKM Darurat, Refly Harun: Ya Setidaknya Meruntuhkan 'Keangkuhan' Mereka Selama Ini

Luhut Minta Maaf Soal PPKM Darurat, Refly Harun: Ya Setidaknya Meruntuhkan 'Keangkuhan' Mereka Selama Ini

DEMOCRAZY.ID - Pakar hukum tata negara, Refly Harun, mengomentari permintaan maaf yang disampaikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan belum lama ini.


Refly Harun menyoroti tindakan Luhut Binsar Pandjaitan yang meminta maaf lantaran pelaksanaan PPKM Darurat masih belum optimal.


Menurut Refly Harun, permintaan maaf Luhut Binsar Pandjaitan ini seolah "meruntuhkan" keangkuhan yang selama ini diperlihatkan terkait dengan penanganan pandemi Covid-19.


"Akhirnya berita yang paling tidak 'meruntuhkan' keangkuhan selama ini, kesombongan selama ini dari sebuah kebijakan yang sangat diyakini awalnya, tapi akhirnya pemerintah meminta maaf melalui Luhut," ujarnya, dikutip dari kanal YouTube Refly Harun.


Ia lantas menilai permintaan maaf dari Luhut ini adalah hal yang wajar dan sudah seharusnya dilakukan.


Pasalnya, kata Refly Harun, Luhut adalah orang yang paling optimis tentang penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.


"Wajar kalau Luhut Pandjaitan, orang yang paling dipercaya Presiden Jokowi, orang yang merasa paling optimis, selalu menantang orang, 'kalau tidak percaya, coba lihat, hadapi kita, adu data dan lain sebagainya', akhirnya meminta maaf juga," tuturnya.


Untuk diketahui, sebelumnya Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya menyampaikan permintaan maaf atas kebijakan yang diterapkand alam rangka penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.


Luhut meminta maaf lantaran pelaksanaan PPKM Darurat masih belum optimal.


"Sebagai Koordinator PPKM Jawa dan Bali, dari lubuk hati yang paling dalam, saya ingin meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia jika dalam penanganan PPKM Jawa dan Bali ini masih belum optimal," kata Luhut.


Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi itu berjanji bahwa pemerintah akan bekerja keras dalam menekan penyebaran Covid-19, khususnya varian Delta.


"Saya bersama jajaran dan menteri kepala lembaga terkait akan terus bekerja keras untuk memastikan bahwa penyebaran varian delta ini bisa diturunkan," ujarnya menambahkan.


Permintaan maaf Luhut Binsar Pandjaitan ini sontak menjadi sorotan publik, usai sebelumnya Menko Marves itu sempat optimis bahwa penanganan pandemi masih sangat terkendali.


Luhut bahkan menantang pihak-pihak yang tak percaya penanganan pandemi Covid-19 masih sangat terkendali itu untuk datang menemuinya.


Ia mengatakan akan langsung menyodorkan bukti penanganan pandemi yang terkendali itu kepada pihak yang tidak mempercayainya. [Democrazy/pkr]