Ditanya Kenapa Selalu Pakai Peci Miring hingga Keluar Rambut, Begini Jawaban Gus Baha | DEMOCRAZY News | Media Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Minggu, 11 Juli 2021

Ditanya Kenapa Selalu Pakai Peci Miring hingga Keluar Rambut, Begini Jawaban Gus Baha

Ditanya Kenapa Selalu Pakai Peci Miring hingga Keluar Rambut, Begini Jawaban Gus Baha

Ditanya Kenapa Selalu Pakai Peci Miring hingga Keluar Rambut, Begini Jawaban Gus Baha

DEMOCRAZY.ID - Bagi Anda yang penasaran kenapa Gus Baha memakai peci selalu miring hingga keluar rambut, simak penjelasannya.


Disebuah kesempatan seorang wartawan pernah bertanya kepada Gus Baha perihal alasan atau filosofi dia selalu pake peci miring.


Sebagi seorang tokoh dan ulama besar dan alim, setiap gerik Gus Baha tentu menjadi perhatian banyak orang.


Salah satu ciri khas Gus Baha yang masih menjadi pertanyaan adalah kebiasaannya memakai peci miring hingga nampak sebagian rambut-Nya.


Dalam setiap acara, pasti Anda selalu melihat penampilan Gus Baha yang sederhana dengan gaya khasn peci miring-Nya, lalu apa alasan-Nya?


Sebagaimana dikutip mantrasukabumi.com dari iqra.id, seorang wartawan saat sowan pernah bertanya kepada Gus Baha:


"“Mengapa Gus Baha sering memakai peci seperti ini (miring dan kelihatan rambutnya di bagian atas kening)? Apakah ada filosofinya, Gus?”


Gus Baha pun menjawab:


'Saya alami saja, seperti jenengan (anda) jadi wartawan masak ada filosofinya."


Hehehe (wartawan tertawa)


Sebetulnya alami saja. Karena mungkin saya tokoh, jadi diperhatikan.


Ini (menunjuk sebuah gelang di tangan wartawan lain di samping Gus Baha) juga punya khas banyak, tapi tidak diperhatikan. Manusia kan begitu, perilaku manusia ya alami semua.


Sebagai informasi, Ahmad Bahauddin Nur Salim atau yang lebih dikenal dengan nama Gus Baha menjadi salah satu tokoh Nahdlatul Ulama yang ceramahnya selalu dinanti-nanti, khususnya oleh kaum milenial.


Murid didikan almarhum KH Maemun Zubair atau Mbah Moen ini selalu menyampaikan kajian secara santun dengan penjelasan tafsir-tafsir yang mudah dipahami.


Gus Baha yang lahir pada 15 Maret 1970 ini merupakan putra dari pasangan ulama ahli Alquran, yakni KH Nursalim al-Hafizh dan Hj Yuchanidz Nursalim.


Dari garis keturunan sang ibu, beliau merupakan bagian dari keluarga besar ulama Lasem, Bani Mbah Abdurrahman Basyaiban atau Mbah Sambu.


Gus Baha dikenal sebagai ulama dengan ceramah yang lugas dan berpenampilan sederhana.


Kesederhanaan beliau bukanlah sebuah kebetulan, namun merupakan hasil didikan ayahnya dari kecil. Tausiyah-tausiyahnya yang mengena di hati membuat banyak banyak orang kagum dan takzhim padanya.


Beliau dikenal sebagai salah satu ulama-NU yang memiliki pengetahuan mendalam tentang Al-Qur'an.


Kemampuannya menyampaikan ilmu disertai argumen sederhana menjadikan persoalan yang rumit terasa mudah dicerna. Ceramahnya banyak dicari oleh warganet maupun para penuntu ilmu.


KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha saat ini mengasuh pesantren Tahfidz Qur’an LP3IA Rembang yang ahli dalam berbagai bidang ilmu, terutama Al-Qur’an dan tafsir. [Democrazy/drp]