Budiman Sudjatmiko Bicara Soal 'Dalang' Covid-19, PD: Semua Ini Berawal dari Duit Rp72 Miliar Jokowi! | DEMOCRAZY News | Media Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Jumat, 16 Juli 2021

Budiman Sudjatmiko Bicara Soal 'Dalang' Covid-19, PD: Semua Ini Berawal dari Duit Rp72 Miliar Jokowi!

Budiman Sudjatmiko Bicara Soal 'Dalang' Covid-19, PD: Semua Ini Berawal dari Duit Rp72 Miliar Jokowi!

Budiman Sudjatmiko Bicara Soal 'Dalang' Covid-19, PD: Semua Ini Berawal dari Duit Rp72 Miliar Jokowi!

DEMOCRAZY.ID - Politisi PDIP, Budiman Sudjatmiko memandang virus penyebab Covid-19 tidak akan pernah lenyap dari muka bumi. 


Menurutnya, informasi terkait Covid-19 sudah terpampang jelas di salah satu jurnal bergengsi “Foreign Affairs”.


“Inilah terjemahan bebas dari artikel di jurnal bergengsi, "Foreign Affairs" yang saya kirim fotonya tadi. Saatnya berterus terang: virus penyebab Covid- 19 ini gak akan hilang. SARS-CoV-2 gak bisa dihapus,” kata Budiman Sudjatmiko, seperti dikutip dari akun Twitternya, Jumat, 16 Juli 2021.


Dalam jurnal itu, kata Budiman Sudjatmiko, Covid-19 sudah tersebar di lebih dari 12 ragam spesies hewan. 


“Ia (Covid-19) sudah tumbuh di lebih dari 12 ragam spesies hewan,” tuturnya.


Sementara bagi manusia, kata Budiman Sudjatmiko, kekebalan kerumunan atau herd immunity yang tidak akan menjadi solusi di tengah menggilanya pandemi Covid-19.


“Bagi manusia sendiri, kekebalan kerumunan (herd immunity) yang tadinya digadang-gadang sebagai solusi satu-satunya (pandemi Covid-19), tak bakal tercapai,” ungkap Budiman Sudjatmiko.


Menurut Budiman Sudjatmiko, hal tersebut dapat tercermin dari kebanyakan negara yang tidak mempunyai persediaan vaksin Covid-19 yang mencukupi.


Di sisi lain, Budiman Sudjatmiko juga pernah melihat masyarakat di negara yang mempunyai persediaan vaksin Covid-19 melimpah enggan untuk melakukan vaksinasi.


“Kebanyakan negara gak cukup punya vaksin. Bahkan di sedikit negara yang beruntung banyak dapat vaksin, terlalu banyak yang menolak divaksin,” pungkasnya.


Menyoroti soal itu, politisi Partai Demokrat, Taufik Rendusara meminta kepada Budiman Sudjatmiko untuk tidak selalu menyalahkan rakyat yang tidak mau divaksin.


Politisi yang akrab disapa To’pe Rendusara ini menganggap gelontoran uang senilai Rp72 milyar dari Presiden Jokowi yang menjadi awal mula di balik persoalan itu.


“Halah... gak usah mainan narasi nyalahin rakyat gak mau vaksin. Semua kerusuhan itu berawal dari uang 72 Milyar yang digelontorkan jokowi untuk bayar influencer melawan isu corona di Indonesia,” kata To’pe Rendusara, seperti dikutip dari akun Twitternya, Jumat, 16 Juli 2021.


“Elo harusnya marah sama influencer itu bukan sama rakyat. Bidji!,” pungkasnya.  [Democrazy/kmp]