Ungguli Habib Rizieq Shihab, Ini Tokoh Agama Paling Diinginkan Jadi Capres 2024 Menurut Survei | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Selasa, 01 Juni 2021

Ungguli Habib Rizieq Shihab, Ini Tokoh Agama Paling Diinginkan Jadi Capres 2024 Menurut Survei

Ungguli Habib Rizieq Shihab, Ini Tokoh Agama Paling Diinginkan Jadi Capres 2024 Menurut Survei

Ungguli-Habib-Rizieq-Shihab-Ini-Tokoh-Agama-Paling-Diinginkan-Jadi-Capres-2024-Menurut-Survei


DEMOCRAZY.ID - Bekas Ketua Umum Pimpinan Pusat (Ketum PP) Muhammadiyah Din Syamsudin menjadi tokoh agama yang paling diinginkan sebagai calon presiden (capres) pada pemilihan umum tahun 2024, berdasarkan survei yang dilakukan platform Nyari Presiden (Nyapres 2024).


Nyapres 2024 adalah platform yang bertujuan mendorong munculnya lebih banyak tokoh publik sebagai alternatif dalam pencalonan presiden dan wakil presiden 2024. 


Nyapres 2024 berupaya untuk mencari, memperkenalkan dan mempromosikan lebih banyak alternatif bakal calon presiden kepada publik. Upaya itu dilakukan salah satunya melalui kegiatan survei.


Nyapres 2024 baru saja melakukan survei online nasional yang dilakukan melalui wawancara secara online. 


Kuisioner disebarkan melalui jejaring media sosial di iklan Facebook dengan pilihan kategori penerima iklan sesuai sebaran provinsi responden dan berusia minimal 17 tahun.


Jumlah responden dipilih secara acak dengan memperhatikan proporsionalitas jumlah sampel dengan jumlah pemilih di setiap provinsi.


Survei mengambil sampel 1.310 responden yang tersebar di 32 propinsi dalam kurun waktu 17 April hingga 10 Mei 2021. Margin of error +/- 2,8% dengan tingkat kepercayaan mencapai 95%.


Hasil survei tersebut menunjukkan, sebanyak 82 persen responden mempertimbangkan agama calon presiden ketika hendak memilih presiden.


Survei kemudian menunjukkan bahwa dari kalangan tokoh agama, Din Syamsudin menjadi sosok yang paling diinginkan untuk menjadi calon presiden 2024 dengan perolehan suara 23,97 persen.


Peringkat kedua diisi oleh Mahfud MD dengan perolehan suara 19,96 persen dan peringkat ketiga diisi Ustaz Abdul Somad (UAS) dengan perolehan suara 14,43 persen.


Rizieq Shihab ada di peringkat keempat dengan perolehan suara 13,82 persen. 


Diikuti oleh Ustaz Adi Hidayat di peringkat kelima dengan perolehan 7,40 persen.


Selain dari kalangan agamawan, Nyapres 2024 juga melakukan survei terhadap potensi tokoh-tokoh dari kalangan lain seperti TNI-Polri, politisi, tokoh non-musilm, hingga anak muda.


Di kalangan TNI-Polri misalnya, Gatot Nurmantyo menjadi sosok yang paling diinginkan menjadi presiden 2024 dengan perolehan suara 60,61 persen. [Democrazy/pkry]