Polemik Alutsista hingga KPK, Pemerhati Sosial: Negeri Ini Dikendalikan oleh Siapa? Jokowi atau Penguasa Lain? | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Senin, 07 Juni 2021

Polemik Alutsista hingga KPK, Pemerhati Sosial: Negeri Ini Dikendalikan oleh Siapa? Jokowi atau Penguasa Lain?

Polemik Alutsista hingga KPK, Pemerhati Sosial: Negeri Ini Dikendalikan oleh Siapa? Jokowi atau Penguasa Lain?

Polemik Alutsista hingga KPK, Pemerhati Sosial: Negeri Ini Dikendalikan oleh Siapa? Jokowi atau Penguasa Lain?

DEMOCRAZY.ID - Rangkaian permasalahan yang terjadi dalam pemerintahan Indonesia seakan tidak akan pernah berakhir.


Dari mulai polemik di internal KPK, maskapai Garuda Indonesia, hingga permasalahan di Kementerian Pertahanan terkait alutsista.


Seperti diketahui, KPK hingga saat ini sedang disorot masyarakat terkait menyingkirkan para penyidik dan pegawainya dengan dalih tak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK).


Adapun para penyidik dan pegawai KPK yang disingkirkan itu merupakan orang-orang yang berhasil mengungkap kasus-kasus besar korupsi.


Diantara yang berhasil diungkap para penyidik dan pegawai KPK yang kini disingkirkan itu adalah kasus korupsi Bansos, Reklamasi, Ekspor Benur, hingga E-KTP.


Selain itu, permasalahan juga sedang dialami maskapai penerbangan yang dimiliki oleh negara yakni Garuda Indonesia.


Garuda Indonesia saat ini sedang mengalami krisis keuangan dengan utang luar negeri yang nilainya sangat besar.


Utang Luar negeri Garuda Indonesia diperkirakan mencapai nilai Rp70 triliun atau setara 4,5 miliar dollar AS.


Sementara itu, polemik juga sedang menimpa Kementerian Pertahanan yang dikritik habis oleh para tokoh nasional hingga lapisan masyarakat.


Hal itu menyusul rencana Kementerian Pertahanan yang akan membeli alutsista dengan menggunakan uang pinjaman dari negara lain.


Rencana Kementerian Pertahanan menggunakan uang pinjaman luar negeri untuk membeli alutsista pun mendapat kritikan keras dari berbagai pihak hingga menimbulkan polemik.


Di saat bersamaan para tokoh nasional yang melihat ketiga permasalahan tersebut menilai bahwa negara sedang tidak baik-baik saja.


Hal itu pun sampai membuat pemerhati sosial yakni Abdillah Toha ikut bereaksi ketika mendengar ketiga permasalahan yang sedang terjadi itu.


Abdillah Toha tampak kecewa dengan rangkaian permasalahan yang terjadi terkait penyingkiran pegawai KPK, krisis keuangan Garuda Indonesia, dan rencana peminjaman uang luar negeri oleh Kementerian Pertahanan.


Melalui akun Twitter pribadinya, Abdillah Toha merasa heran dan mempertanyakan siapa sebenarnya orang yang mengendalikan negara saat ini.


"Siapa yang mengendalikan negeri ini sekarang?," kata Abdillah Toha, Senin 7 Juni 2021.


Selain itu, ia juga tampak bingung dengan pemerintahan Presiden Jokowi saat ini, yang justru tampak biasa saja menanggapi ketiga permasalahan ini.


Bahkan Abdillah Toha menyinggung orang nomor satu di negeri ini yang dianggapnya ada dua hal yang berbeda dari Presiden Jokowi.


Ia membandingkan Jokowi yang dahulu saat awal menjabat menjadi Presiden dengan saat ini yang sudah menginjak dua periode.


"Apakah masih Jokowi yang dahulu atau Jokowi baru," ujarnya.


Tak hanya itu, Abdillah Toha juga menyinggung terkait bisa saja ada penguasa lain selain Presiden Jokowi dalam rangkaian permasalahan yang terjadi ini.


"Atau Jokowi asli, atau ada penguasa lain?" pungkasnya. [Democrazy/gmd]