POLITIK

Pengamat: Vonis 4 Tahun Habib Rizieq Shihab Justru Semakin Tingkatkan Simpati Rakyat ke Sang Imam Besar

DEMOCRAZY.ID
Juni 26, 2021
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Pengamat: Vonis 4 Tahun Habib Rizieq Shihab Justru Semakin Tingkatkan Simpati Rakyat ke Sang Imam Besar

Pengamat-Vonis-4-Tahun-Habib-Rizieq-Shihab-Justru-Semakin-Tingkatkan-Simpati-Rakyat-ke-Sang-Imam-Besar

DEMOCRAZY.ID - Rakyat akan bertambah simpati kepada Habib Rizieq Shihab (HRS) pasca Majelis Hakim PN Jakarta Timur memberikan vonis empat tahun penjara untuk pendiri FPI itu.


“Secara politis, putusan empat tahun terhadap HRS dihawatirkan akan menambah banyak anak bangsa yang simpati kepadanya,” kata Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga, Sabtu (26/6/2021). 


“Para simpatisan HRS ini dapat menjadi kekuatan baginya menjalani hukuman yang dinilai tidak berkeadilan itu,” ungkapnya.


Ia mengatakan, para pendukung HRS tersebar di Indonesia yang jumlahnya cukup besar. 


Mereka ini sangat militan yang dapat digerakan kapan saja oleh HRS


Karena itu, pengaruh HRS dalam kontestasi pilpres 2024 masih sangat besar. 


Hal ini tentu sangat diperhitungkan oleh siapa saja yang akan bertarung pada pilpres mendatang.


“Semakin HRS dizolimin, akan semakin besar pengaruhnya secara politis. Hal itu harusnya disadari lawan-lawan politik HRS,” jelasnya.


Selain itu, Jamiluddin mengatakan, vonis empat tahun terhadap HRS mencerminkan belum adilnya hukum di negeri ini. Pengadilan masih belum independen dalam memutus suatu perkara.


Karena itu, wajar kalau HRS menyatakan banding untuk mendapatkan keadilan. Karena hak setiap warga negara untuk memperoleh keadilan.


“Walaupun upaya banding HRS dinilai tidak akan banyak membantu keadilan bagi HRS. Sebab, ada kesan sekembali HRS dari Arab Saudi terus mendapat dakwaan yang terkesan dipaksakan,” pungkasnya. [Democrazy/suaranas]

Penulis blog