POLITIK

Muncul Kelompok Pendukung Ganjar Maju Pilpres 2024, Namanya Ganjarist

DEMOCRAZY.ID
Juni 01, 2021
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Muncul Kelompok Pendukung Ganjar Maju Pilpres 2024, Namanya Ganjarist

Muncul Kelompok Pendukung Ganjar Maju Pilpres 2024, Namanya Ganjarist

DEMOCRAZY.ID - Kelompok relawan yang menamakan dirinya sebagai Ganjarist (Ganjar Pranowo Menuju Indonesia Satu) menyatakan bakal mendorong Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. 


Namun siapa sebenarnya Ganjarist itu?


Ketua Umum (Ketum) Ganjarist Mazdjo Pray mengungkapkan Ganjarist merupakan kelompok relawan yang diisi oleh berbagai latar belakang. 


Dia menyebut mayoritas relawan Ganjarist berasal dari kalangan aktivis hingga pengusaha.


"Kami berkumpul di sini terdiri atas berbagai unsur. Tapi rata-rata background kami adalah aktivis relawan pada saat Pak Jokowi mengikuti kontestasi tempo hari. Ada juga beberapa teman dari pengusaha, ada juga teman-teman dari profesional lainnya," ujar Mazdjo dalam jumpa pers di Hotel Neo+, Jakarta Selatan, Selasa (1/6/2021).


Mazdjo mengklaim relawan Ganjarist berjumlah lebih dari seribu orang walaupun baru dideklarasikan hari ini. 


Pasalnya, kata Mazdjo, Ganjarist baru membuka 3 grup WhatsApp, lalu langsung penuh.


"Setidaknya dalam 24 jam buka WA group, 24 jam itu 3 WA group sudah penuh. Itu baru aktivisnya, belum simpatisannya. Artinya, kita tahu gelombangnya cukup besar. Mungkin peristiwa politik beberapa hari lalu itu sebagai trigger juga jadi orang lebih aware," paparnya.


Selain itu, Mazdjo mengutarakan relawan Ganjarist adalah orang-orang awam yang tidak memiliki kepentingan partai politik. 


Menurutnya, mereka juga punya hak untuk berpartisipasi mendorong Ganjar sebagai capres 2024.


"Kita berkumpul di sini juga untuk menegaskan bahwa kandidat atau capres itu bukan melulu urusan partai politik. Tapi kami sebagai awam, kami juga punya hak sejak awal ikut dorong, sejak awal ikut serta partisipasi politik dalam mendorong kandidat yang kira-kira menurut kami paling pas," kata Mazdjo.


Untuk relawan Ganjarist sendiri saat ini sudah ada di Jakarta, Bali, Pontianak, Nusa Tenggara Barat (NTB). 


Bahkan Mazdjo mengaku Ganjarist juga ada di luar negeri, seperti di Belanda, Jerman, Jepang, dan Swedia.


Sementara itu, untuk dana, Mazdjo membeberkan tidak ada pihak yang membiayai mereka. 


Dia mengatakan para relawan bergotong-royong dengan cara patungan.


"Relawan itu konotasinya gotong royong. Relawan itu kan biayanya nggak besar. Misal kita makan kayak gini. Kita patungan 1 orang Rp 50 ribu, alhamdulillah. Kumpul gitu. Jadi relawan itu konotasinya adalah gotong-royong," ucap Mazdjo.


"Dengan situasi seperti ini kita nggak bisa minta siapa pun dalam kondisi pandemi ini. Pengusaha juga mungkin mikir kan. Tidak mungkin. Kita kerja bersama. Karena kita punya kepentingan, visi, ide yang sama untuk mendorong seseorang yang bernama Ganjar Pranowo ini," sambungnya.


Mazdjo menjelaskan Ganjarist tidak memiliki niat menjadi tim sukses Ganjar dalam Pilpres 2024. 


Ganjarist hanya akan membuat nama Ganjar menjadi besar melalui media sosial.


"Tugas kami untuk menaikkan keterkenalannya Pak Ganjar di masyarakat luas dengan cara-cara sederhana, media sosial, atau pertemuan-pertemuan online, webinar, Zoom, dan sebagainya," tutup Mazdjo. [Democrazy/dtk]

Penulis blog