POLITIK

Dear Mahasiswa Indonesia, Kalian Kemana Aja? Dicari Netizen Nih! #MahasiswaMatiSuri Jadi Trending Topic di Medsos

DEMOCRAZY.ID
Juni 12, 2021
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Dear Mahasiswa Indonesia, Kalian Kemana Aja? Dicari Netizen Nih! #MahasiswaMatiSuri Jadi Trending Topic di Medsos

Dear-Mahasiswa-Indonesia-Kalian-Kemana-Aja-Dicari-Netizen-Nih-Mahasiswa-Mati-Suri-Jadi-Trending-Topic-di-Medsos

DEMOCRAZY.ID - Warganet Tanah Air khususnya di media sosial Twitter mendadak menggaungkan tagar #MahasiswaMatiSuri. 


Bahkan hingga Sabtu, 12 Juni 2021 pagi, tagar #MahasiswaMatiSuri masih berada di posisi puncak trending topic Twitter Indonesia.


Usut punya usut, tagar #MahasiswaMatiSuri terkait dengan beberapa polemik besar yang belakangan ini terjadi seperti polemik KPK hingga wacana pungutan pajak pada sembako dan jasa pendidikan.


Berdasarkan peneulusan Galamedia di Twitter, beberapa tokoh aktivis hingga pegiat media sosial tampak ikut menggaungkan tagar #MahasiswaMatiSuri.


Mengutip cuitan salah satu aktivis Pro Demokrasi (ProDem) Adamsyah Wahab atau Don Adam melalui akun miliknya @DonAdam68, ia tampak menuliskan sumpah mahasiswa kemudian mempertanyakan sumpah tersebut dibacakan oleh siapa?.


Cuitan itu disinyalir sebagai bentuk sindiran atas ketidakhadiran mahasiswa atas beberapa isu nasional yang menyeruak akhir-akhir ini.


"Kami mahasiswa Indonesia bersumpah, bertanah air satu tanah air tanpa penindasan. Kami mahasiswa bersumpah, berbangsa satu, bangsa yang gandrung akan keadilan. Kami mahasiswa Indonesia bersumpah, berbahasa satu, bahasa tanpa kebohongan. Skrg siapa yg bacain sumpah? #MahasiswaMatiSuri," tulis Don Adam dalam cuitannya Sabtu, 12 Juni 2021.


Warganet lain dengan akun @BadutPolitik juga menuliskan cuitan senada yang menyindir tidak hadirnya mahasiswa dalam isu wacana kebijakan pajak sembako.


"Dulu sebelum era reformasi, kalau ada kebijakan yang menindas rakyat kecil (sembako dipajakin) sementara masyarakat menengah ke atas malah diringankan bebannya dengan bebas pajak (PPnBM 0%) pastinya mahasiswa bergerak membela rakyat," tulisnya.


Hingga berita ini diturunkan, cuitan yang memuat tagar #MahasiswaMatiSuri sudah ditulis oleh 8.059 akun di Twitter.


Sebelumnya, gerakan tagar terkait isu KPK juga beramai-ramai digaungkan warganet sebagai bentuk kritik terhadap polemik yang terjadi di lembaga anti rasuah itu.


Mengutip akun Twitter resmi Indonesia Corruption Watch (ICW) pada jumat malam warganet secara bersamaan menggaungkan tagar #BeraniJujurPecat dan #SaveKPK.


Dalam poster yang dibagikan oleh akun ICW, disebutkan bahwa gerakan tersebut pada Jumat, 11 Juni 2021 dimulai pukul 19.00 WIB.


Berikut narasi yang ditulis dalam poster tersebut:


Ketua KPK Firli Bahuri sudah mulai ngadi-ngadi.

TWK diselundupkan, dipaksakan untuk singkirkan 75 nama pegawai KPK penyelamat uang negara.


Dalih daftar pertanyaan TWK tidak jelas, yang ada justru melecehkan kebebasan beragama, gender, rasial dan jauh dari isu antikorupsi.


Ada apa dengan Ketua KPK?

APAKAH FIRLI JADI KAKI TANGAN OLIGARKI?


Mari kita gaungkan tagar

#BeraniJujurPecat

#SaveKPK


Mulai Jumat, 11 Juni 2021,

Jam 19.00 - sampai trending


Di semua sosial media kita

sebagai bentuk solidaritas atas

segala pelemahan KPK!

Penulis blog