Daftar Besaran Gaji 7 Presiden Indonesia, Mulai dari Soekarno hingga Jokowi, Siapa Paling Besar? | DEMOCRAZY News | Media Politik Penyeimbang -->

Breaking

logo

Rabu, 23 Juni 2021

Daftar Besaran Gaji 7 Presiden Indonesia, Mulai dari Soekarno hingga Jokowi, Siapa Paling Besar?

Daftar Besaran Gaji 7 Presiden Indonesia, Mulai dari Soekarno hingga Jokowi, Siapa Paling Besar?

Daftar-Besaran-Gaji-7-Presiden-Indonesia-Mulai-dari-Soekarno-hingga-Jokowi-Siapa-Paling-Besar

DEMOCRAZY.ID - Setelah kemerdekaan, Indonesia telah mengalami tujuh kali pergantian kepala negara, mulai dari Soekarno hingga Joko Widodo (Jokowi).


Namun apakah kalian tau, jumlah gaji yang didapatkan presiden dari masa ke masa berbeda lho besarannya.


Dilansir melalui kanal Youtube Daftar Populer, berikut adalah besaran gaji tujuh presiden di Indonesia.


1. Ir. Soekarno


Soekarno ditetapkan menjadi presiden pada tanggal 18 Agustus 1945. Namun, selama tiga bulan pelantikannya menjadi orang nomor satu di Tanah Air, barulah peraturan mengenai gaji presiden diterbitkan.


Pada saat itu, Soekarno menerima gaji sebesar US$200. Eits, kurs dollar pada saat itu tidak sama dengan yang sekarang. Jika dirupiahkan, Soekarno hanya menerima gaji Rp1000 per bulan termasuk tunjangan.


Bahkan Soekarno mengatakan, gajinya itu tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.


2. Muhammad Soeharto


Tentu semua orang tahu bahwa Bapak Orde Baru ini merupakan presiden yang menjabat paling lama di Indonesia, yakni 31 tahun (1967 – 1998). 


Sementara untuk gajinya sendiri, Soeharto pada awal masa jabatannya menerima gaji Rp3 juta. Lalu tahun 1993, gaji pokok Soeharto naik menjadi Rp15 juta.


Sedangkan pada akhir masa kekuasaannya, gajinya mengalami kenaikan lagi menjadi Rp30 juta per bulan.


3. BJ. Habibie


Presiden ketiga Indonesia ini menjabat sebagai presiden dengan masa jabatan yang terbilang sangat singkat, hanya 1 tahun 5 bulan saja.


Sementara untuk gajinya sendiri tidak terlalu jauh dari Soeharto, yakni Rp32 juta per bulan. Meskipun terbilang singkat, BJ Habibie disebut berhasil mengantar Indonesia ke transisi demokrasi.


4. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)


Presiden keempat Indonesia ini akrab disapa dengan sebutan Gus Dur. Mantan ketua NU sekaligus budayawan ini pernah menjabat sebagai presiden pada tahun 1999 – 2001.


Mengenai gajinya sendiri, Gus Dur menerima penghasilan sebanyak Rp35 juta per bulan.


5. Megawati Soekarnoputri


Megawati merupakan sosok presiden perempuan pertama yang pernah menempati kursi nomor satu di Indonesia. Presiden ke-lima ini menjabat sejak tanggal 23 Juli 2001 – 20 Oktober 2004.


Putri Soekarno ini menerima pendapatan sebagai presiden sebesar Rp50 juta per bulan pada tahun 2004.


6. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)


Pria kelahiran Pacitan, 9 September 1949 ini merupakan presiden ke-enam Indonesia sekaligus menjadi presiden pertama yang dipilih melalui pemilihan umum pada tahun 2004. Selama dua periode, mulai dari tahun 2004 – 2014, SBY memperoleh gaji beserta tunjangannya sebesar Rp62.497.800 per bulan.


Sementara untuk biaya operasionalnya, SBY bisa mendapat Rp2 miliar per bulan.


7. Joko Widodo (Jokowi)


Sebelum menjabat sebagai presiden, Jokowi pernah menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 15 Oktober 2012 – 16 Oktober 2014. Barulah di tahun 2014, ia terpilih menjadi presiden ketujuh Indonesia.


Sementara untuk gajinya sendiri adalah Rp62.740.000 per bulan ditambah dana operasional Rp2 miliar per bulan. [Democrazy/gmd]