PERISTIWA

Viral Kedatangan 170 WN China di Indonesia, Netizen Geram!

DEMOCRAZY.ID
Mei 16, 2021
0 Komentar
Beranda
PERISTIWA
Viral Kedatangan 170 WN China di Indonesia, Netizen Geram!

Viral-Kedatangan-170-WN-China-di-Indonesia-Netizen-Geram

DEMOCRAZY.ID - Warga negara (WN) China kembali datang ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten pada Sabtu 15 Mei 2021. 

Dalam video viral yang tersebar di media sosial dikabarkan ada 170 WN China yang kembali masuk ke Tanah Air.


Mereka datang menggunakan pesawat carter China Southern CZ387. Dalam postingan akun Instagram @warung_jurnalis, Minggu (16/5/2021) pagi, sejumlah WN China yang datang beberapa di antaranya menggunakan baju Hazmat.


"Mereka menggunakan pesawat Carter dari Ghuangzho, padahal Menhub masih memberlakukan larangan penerbangan pesawat carter hingga 17 Mei 2021," katanya dalam caption yang ditulis.


Dalam video yang tersebar di postingan, terlihat warga asal China ini tampak mencolok di antara penumpang lainya. 


Selain menggunakan baju Hazmat lengkap warna putih. Para penumpang berbondong bondong menjalani pemeriksaan ketat baik keimigrasian maupun pemeriksaan kesehatan di Bandara Soetta.


"Berdasarkan manifest terdapat 170 penumpang asal China diantaranya 158 warga negara China dan 12 orang warga negara Indonesia," tambahnya dalam caption.



Di sisi lain kebijakan ini bertolak belakang dengan pernyataan Menhub Budi Karya Sumadi yang menegaskan pihaknya tidak mengijinkan adanya penerbangan pesawat carter baik dan keluar dari Indonesia.


"Nanti setelah tanggal 17 Mei baru kebijakan berubah, setelah kami mengevaluasi," kata Menhub seperti dalam postingan video.


Meski demikian, menurut akun tersebut, setelah nantinya didata, WN China diwajibkan melakukan karantina selama lima hari di sebuah hotel yang ditunjuk pemerintah dangan biaya mandiri.


Postingan yang telah ditonton 49.178 pengguna Instagram itu mendapat kecaman warganet. 


Mereka menyayangkan sikap pemerintah yang meloloskan mereka disaat pelarangan mudik bagi warganya.


"Lahh encing gua yg dari bekasi mao lebaran ke tangerang disuruh puter balik, giliran ini boleh," komentar @dilarzekar. [Democrazy/okz]

Penulis blog