'Utang Negara Sundul Langit' Trending, Netizen Sindir Jokowi: Utang Menggunung Tanpa Prestasi Kerja, Bego to the Max! | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Sabtu, 01 Mei 2021

'Utang Negara Sundul Langit' Trending, Netizen Sindir Jokowi: Utang Menggunung Tanpa Prestasi Kerja, Bego to the Max!

'Utang Negara Sundul Langit' Trending, Netizen Sindir Jokowi: Utang Menggunung Tanpa Prestasi Kerja, Bego to the Max!

Utang-Negara-Sundul-Langit-Trending-Netizen-Sindir-Jokowi-Utang-Menggunung-Tanpa-Prestasi-Kerja-Bego-to-the-Max

DEMOCRAZY.ID - Pada hari Sabtu ini, 1 Mei 2021, "Utang Negara Sundul Langit" menjadi trending topic di media sosial Twitter.

Berdasarkan pantauan, sesuai tagar yang digunakan, rupanya tagar tersebut memang dituliskan sejumlah netizen untuk menyindir Presiden Jokowi alias Jokowi.


Adapun sindiran-sindiran tersebut merujuk pada utang-utang yang dimiliki negara Indonesia.


Ya, dari cuitan-cuitan para netizen, mereka tampak banyak menyalahkan Presiden Jokowi yang dianggap selalu menumpuk utang negara.


Bahkan seorang netizen dengan nama akun Kimberley20101 secara terang-terangan mencuitkan tulisan di mana ia menganggap rezim Presiden Jokowi mengutang tanpa kontrol bak orang yang kehausan.


"Kesalahan rezim sejak awal adalah utang tanpa kontrol. Akibatnya seperti orang kehausan. Utang lagi utang lagi," tulisnya, pada Sabtu, 1 Mei 2021.


"Utang menggunung. Tanpa prestasi kerja. Meskipun ada ekonom yg mengingatkan tapi seperti tuli. Tidak dengar atau tidak mau mendengar saran?"


Utang-Negara-Sundul-Langit-Trending-Netizen-Sindir-Jokowi-Utang-Menggunung-Tanpa-Prestasi-Kerja-Bego-to-the-Max

Di kolom komentar, terlihat banyak netizen lainnya yang ikut membagikan opini mereka dan turut setuju dengan cuitan Kim tersebut.


"Saking parahnya hutang,,, gali lubang tutup jurang," balas akun AndriMahyudin.


"Itulah orang pintar... mulut mengeluarkan suara hingar bingar janji sana-sini ditympuk sdh ky gunung tingginya. Bilangnya kerja-kerja-kerja duitnya ada. Kalo ada buat apa NGUTANG BOSS!!! Ngutang kesetanan babat dan raup smua... Yg dibangun nihil dan tak ada hasil ZONK," timpal akun Will_lam_Wolles tampak berapi-api.


Netizen dengan akun Kim lantas membalas dan berujung mengatai Presiden Jokowi bodoh maksimal.


"Nah itu... sejak kampanye koar koar duitnya ada tapi ngutang kan bego to the max, qiqiqi."


Sebagai informasi, Kementerian Keuangan mencatat utang Pemerintah tembus Rp6.445,07 triliun per Maret 2021.


Jumlah tersebut memang melonjak sekitar Rp1.253 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni Rp5.192 triliun.


Rasio utang pada Maret 2020 sebenarnya masih terbilang rendah, yaitu 32,12 persen terhadap PDB.


Namun, rasio utang pemerintah terus naik dari bulan ke bulan hingga tembus 40 persen.


Mengutip laporan APBN KiTa edisi April 2021, Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan kenaikan utang terjadi karena ekonomi Indonesia masih berada dalam fase pemulihan setelah dihantam pandemi Covid-19.


Bagaimanapun, Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang jumlah utangnya terus meningkat, terlebih di masa-masa sulit pandemi seperti ini.


"Hal ini disebabkan oleh kebutuhan belanja yang cukup besar, terutama untuk memberikan stimulus pemulihan ekonomi serta penyediaan program vaksinasi Covid-19 secara gratis," terang Ani, sapaan akrab Sri Mulyani. [Democrazy/trk]