POLITIK

Tanggapi Riuh Kedatangan Ratusan WN China, Cak Imin: Pemerintah Tidak Peka!

DEMOCRAZY.ID
Mei 08, 2021
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Tanggapi Riuh Kedatangan Ratusan WN China, Cak Imin: Pemerintah Tidak Peka!

 Tanggapi Riuh Kedatangan Ratusan WN China, Cak Imin: Pemerintah Tidak Peka!


DEMOCRAZY.ID - Masuknya 85 warga negara asing (WNA) asal China ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan pesawat China Southern Airlines (charter flight) menjadi sorotan publik.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menilai hal tersebut bisa memunculkan ketidakadilan.


Pandangan Cak Imin, di satu sisi pemerintah membuat kebijakan larangan mudik Lebaran 2021, namun di sisi lain justru ada WNA yang diperbolehkan masuk ke Indonesia.


Apalagi, kata dia, belakangan diketahui bahwa dua di antara 85 WNA asal China tersebut ternyata positif Covid-19.


”Kalau masyarakat Indonesia saja harus menahan rindu untuk tidak mudik yang sudah menjadi tradisi tahunan karena mengikuti aturan pemerintah, bagaimana WNA bisa dengan mudah masuk ke Tanah Air. Hal yang seperti ini kan bisa menimbulkan anggapan publik bahwa pemerintah tidak peka melihat kondisi yang ada,” kata Cak Imin, Sabtu (8/5).


Atas dasar itu, Cak Imin meminta Pemerintah dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menjelaskan kepada masyarakat mengenai masih diizinkannya WNA masuk di tengah kebijakan pelarangan mudik yang tengah digalakkan pemerintah jelang hari Lebaran.


Apalagi, kata Cak Imin sedang berusaha mengantisipasi masuknya varian baru Covid-19.


”Sebab kondisi ini membingungkan masyarakat yang dibatasi mobilitasnya saat Lebaran,” kata Wakil Ketua DPR RI fraksi PKB ini.


Ia juga mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Satgas Penanganan Covid-19 memastikan bahwa seluruh WNA dan WNI yang datang dari luar negeri dapat mematuhi aturan protokol kesehatan perjalanan internasional selama pandemi Covid-19.


Politisi yang juga Wakil Ketua DPR RI ini mewanti-wanti mereka harus mentaati aturan yang tercantum Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 8/2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Covid-19.


Ketua Tim Pengawas Pelaksanaan Penanganan Bencana Covid-19 DPR RI ini mengusulkan, Pemerintah sementara menolak seluruh kedatangan WNA selama masa pelarangan mudik.


”Sebab, masyarakat pun saat ini tengah berupaya mengikuti aturan larangan mudik dan membatasi mobilitas selama libur Lebaran,” tutupnya. [Democrazy/rmol]

Penulis blog