Tak Dianggap PDIP, 4 Faktor Ini Persulit Ganjar Dapatkan Tiket Capres 2024 | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Minggu, 23 Mei 2021

Tak Dianggap PDIP, 4 Faktor Ini Persulit Ganjar Dapatkan Tiket Capres 2024

Tak Dianggap PDIP, 4 Faktor Ini Persulit Ganjar Dapatkan Tiket Capres 2024

Tak-Dianggap-PDIP-4-Faktor-Ini-Persulit-Ganjar-Dapatkan-Tiket-Capres-2024

DEMOCRAZY.ID - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengakui tidak mengundang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam acara pengarahan kader PDIP oleh Puan Maharani di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu 22 Mei 2021.

Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto secara terang-terangan mengaku sikap Ganjar kelewatan terkait ambisinya menjadi presiden mendatang.


Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan mengaku sudah memperkirakan Ganjar akan kesulitan mendapatkan tiket pencalonan presiden dari PDIP.


"Sejak awal mudah diperkirakan kalau Ganjar akan kesulitan untuk mendapatkan tiket pencalonan dari PDIP," katanya, Minggu (23/5/2021).


Dia memaparkan pertama, secara formal PDIP terutama melalui Megawati Soekarnoputri, belum memberikan sinyal siapa yang akan diunggulkan untuk maju.


"Kedua, cukup jelas sinyal bahwal Megawati akan lebih mengutamakan Puan yang saat ini sudah muncul sebagai alternatif utama pengganti Mega. Jadi jelas munculnya Ganjar menjadi pesaing Puan," tuturnya.


Ketiga, lanjut Djayadi, kemunculan Ganjar dianggap terlalu dini. 


Hal tersebut berbeda dengan Jokowi pada Pilpres 2014, yang elektabilitasnya mulai mengungguli Megawati tidak lama menjelang Pilpres 2014.


"Keempat, elektabilitas Ganjar menurut hampir semua survei memang bagus, tapi tidak dominan (misalnya mencapai angka 30-an persen). Ini membuat pihak PDIP tidak terlalu khawatir kalau bersikap keras terhadap Ganjar," tutur Djayadi. [Democrazy/sdn]