Respek! Sejumlah Kepala Daerah Antusias Galang Dana untuk Palestina | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Kamis, 20 Mei 2021

Respek! Sejumlah Kepala Daerah Antusias Galang Dana untuk Palestina

Respek! Sejumlah Kepala Daerah Antusias Galang Dana untuk Palestina

Respek-Sejumlah-Kepala-Daerah-Antusias-Galang-Dana-untuk-Palestina

DEMOCRAZY.ID - Beberapa kepala daerah menyerukan penggalangan dana bagi Palestina kepada kalangan aparatur sipil negara (ASN) maupun warga, secara informal maupun memakai surat resmi.

 

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengajak masyarakat untuk berdonasi untuk membantu warga Palestina.


"Kita tidak perlu menjadi seorang muslim, kita cukup menjadi manusia saja untuk bisa peduli terhadap Palestina. Mari kita menginfakkan dan sedekah dananya di hari Jumat besok untuk sama-sama membantu saudara kita di Palestina," kata Danny, di Makassar, Kamis (20/5).


Ia mengakui kondisi perekonomian Indonesia masih lesu akibat pandemi Covid-19. 


Justru, katanya, bersedekah saat dalam kesulitan sulit itulah sedekah yang paling baik.


Wali Kota Padang Hendri Septa bersama warganya menyalurkan sumbangan untuk Palestina melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat (Sumbar) senilai Rp100 juta, setelah sebelumnya menyumbangkan satu unit ambulans.


"Bantuan ini sebagai bentuk solidaritas bagi warga Palestina korban konflik berkepanjangan atas agresi Israel," kata dia.


Sementara, Kepala Cabang ACT Sumbar Zeng Welf menjelaskan bahwa bantuan donasi dari warga Kota Padang itu sudah berlangsung lama.


"Bantuan ini akan dipergunakan untuk kebutuhan operasional mobil ambulans yang juga hasil bantuan warga Padang sebelumnya untuk Palestina," katanya.


Terkait mobil ambulans, Zeng menyebut bantuan itu telah diserahkan ke Palestina pada 6 Maret 2020. 


Sejak itu, ambulans tersebut langsung beroperasi, bahkan sempat viral di media sosial belakangan ini.


"Viralnya karena ambulans bantuan warga Padang tersebut, sempat tertangkap kamera sewaktu tengah dipergunakan membantu mengevakuasi rakyat Palestina di saat terjadinya penyerangan oleh Israel kepada rakyat Palestina," kata dia.


Bupati Aceh Barat Ramli MS menyebut pihaknya membuka pos komando (posko) penggalangan dana untuk membantu Palestina.


"Palestina adalah negara pertama di dunia yang mengakui Kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk itu kita wajib membantu rakyat Palestina," kata dia.


Ia menjelaskan pembukaan posko ini dilakukan untuk mengumpulkan donasi dari ASN dan masyarakat di Aceh Barat.


"Bantuan yang terkumpul nantinya akan disalurkan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat kepada pihak terkait atau Kedutaan Besar Palestina di Jakarta," kata Ramli.


Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex mengatakan pihaknya mengumpulkan donasi dari kalangan ASN hingga masyarakat setempat.


"Bagi Muba, Palestina ini demikian berarti. Sebelumnya kami sudah menyumbangkan Rp1 miliar pada 2019," aku Dodi.


Menurutnya, bantuan Rp1 miliar itu dikumpulkan setelah Wali Kota Al-Zawaida, Gaza, Palestina, Ayman Sulaiman Salam Abu Sweireh dan ulama asal Palestina Syeikh Nashef Nashir Abdullah bertandang ke Bumi Serasan Sekate pada 2019.


Ia menjelaskan, bantuan dari masyarakat Muba itu telah digunakan untuk pembuatan jalan di jalur Gaza, yang mana jalan tersebut diberi nama Musi Banyuasin.


Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengajak seluruh masyarakat setempat untuk bantu mendoakan keselamatan dan juga memberikan bantuan dana bagi rakyat Palestina.


"Tidak ada hal yang wajib kita lakukan untuk mereka, saudara-saudara kita di Palestina, selain mengirimkan doa sebanyak-banyaknya kepada kaum Muslim Palestina," katanya.


"Ya, dengan doa dan bantuan lainnya. Semoga itu bisa memberikan kekuatan, ketabahan bagi mereka yang ada di Palestina," lanjut dia.


Sementara itu, Bupati Pidie, Aceh, Roni Ahmad mengeluarkan surat imbauan untuk membacakan Qunut Nazilah bagi warga Palestina.


"Betul Bupati sudah mengeluarkan surat imbauan membacakan Qunut Nazilah untuk Palestina kepada seluruh tempat ibadah saat shalat fardhu," kata Kepala Dinas Kominfo Pidie Muhammad Fadhil.


Dalam surat Bupati Roni Ahmad nomor 451.1/2603/2021 tersebut, kata Fadhil, Pemerintah Pidie mengajak ummat muslim memberikan dukungan dan doa kepada muslim di Palestina yang berjuang melawan Yahudi.


"Pemkab mengimbau agar seluruh masjid, musala, surau-surau, pesantren serta lembaga pendidikan islam lainnya untuk membaca Qunut Nazilah setiap shalat fardhu dan waktu shalat Jum'at," ujarnya.


Sebelumnya, Bupati Karanganyar Juliatmono melalui surat resmi meminta ASN dan pegawai BUMD menggalang dana bagi masyarakat Palestina. 


Hal itu menuai kritik DPRD Karanganyar lantaran menilai surat itu tak sesuai tupoksi pemda. [Democrazy/cn]