AGAMA POLITIK

PAN Tegaskan Tak Akan Gabung dengan Poros Islam, Ini Alasannya

DEMOCRAZY.ID
Mei 28, 2021
0 Komentar
Beranda
AGAMA
POLITIK
PAN Tegaskan Tak Akan Gabung dengan Poros Islam, Ini Alasannya

PAN-Tegaskan-Tak-Akan-Gabung-dengan-Poros-Islam-Ini-Alasannya

DEMOCRAZY.ID - Partai Amanat Nasional (PAN) kembali menegaskan posisi politiknya bahwa tidak akan bergabung dengan wacana pembentukan poros Islam dalam Pemilu 2024.

Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno menegaskan sikap tersebut saat menjadi pembicara dalam webinar Para Syndicate bertema "Membaca Dinamika Partai dan Soliditas Koalisi Menuju 2024," Jumat (28/5).


"Yang ingin kami kedepankan bukan politik Islam dalam bentuk politik gincu, simbol-simbol, umbul-umbul, dan lain-lain, tidak. Tetapi pada substansi," kata Eddy.


"Substansi itu bagaimana kita memiliki program untuk menyejahterakan masyarakat, mengurangi kesenjangan," imbuhnya.


Melalui politik Islam substansial, kata Eddy, PAN ingin menjadi partai yang hadir di tengah-tengah masyarakat dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan masyarakat.


PAN, lanjut Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini, juga ingin mengedepankan politik kemajemukan dan politik yang merangkul seluruh elemen.


"Jadi itu yang ingin kita kedepankan, betul-betul substansi, betul-betul hal yang real bisa dilihat, bukan hanya sekadar simbol-simbol belaka," terangnya.


Menurutnya, wacana poros Islam hanya akan menghasilkan pembelahan di masyarakat. 


Selain itu politik identitas juga dinilai hanya menghasilkan dampak negatif dan mudharat.


"Kalau kita melakukan itu (ikut poros Islam), artinya kita tidak belajar dari pengalaman 2019 lalu. Ini menurut saya sudah merupakan posisi yang firm dari PAN," demikian Eddy. [Democrazy/rmol]

Penulis blog