POLITIK

Mendag Beri Tanggapan Begini Soal Jokowi Promosikan Bipang Ambawang

DEMOCRAZY.ID
Mei 08, 2021
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Mendag Beri Tanggapan Begini Soal Jokowi Promosikan Bipang Ambawang

Mendag-Beri-Tanggapan-Begini-Soal-Jokowi-Promosikan-Bipang-Ambawang

DEMOCRAZY.ID - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi membela Presiden Jokowi yang mempromosikan bipang Ambawang khas Ambawang, Kalimantan Barat. 

Menurutnya, pernyataan Jokowi itu ditujukan untuk masyarakat Indonesia dari beragam agama.


"Pernyataan Bapak Presiden tersebut ditujukan kepada seluruh masyarakat Indonesia, yang terdiri atas beragam suku, agama, dan budaya. Yang memiliki kekayaan kuliner Nusantara dari berbagai daerah," katanya.


"Setiap makanan memiliki kekhasan dan menjadi makanan favorit lokal. Jadi, sekali lagi, kuliner khas daerah yang disebut bapak Presiden dalam video tersebut adalah untuk mempromosikan kuliner Nusantara yang sangat beragam," lanjutnya.


Dia menjelaskan ada beragam kuliner yang disukai oleh beragam kelompok masyarakat. 


Dia mengajak masyarakat mempromosikan kuliner Nusantara.


"Tentu kuliner tersebut dikonsumsi, disukai dan dicintai oleh berbagai kelompok masyarakat yang juga beragam. Mari kita bangga dan promosikan kuliner Nusantara yang beragam, sehingga bisa menggerakkan ekonomi terutama UMKM," tuturnya.


Kendati demikian, dia tetap meminta maaf kepada masyarakat Indonesia. 


Sebab, video tersebut merupakan bagian dari acara Kemendag.


"Kami dari Kementerian Perdagangan selaku penanggung jawab dari acara tersebut sekali lagi memastikan tidak ada maksud apa pun dari pernyataan Bapak Presiden. Kami mohon maaf sebesar-besarnya jika terjadi kesalahpahaman. Karena niat kami hanya ingin agar kita semua bangga terhadap produksi dalam negeri. Termasuk berbagai kuliner khas daerah dan menghargai keberagaman bangsa kita," kata Mendag Muhammad Lutfi dalam video yang diunggah di akun YouTube Kemendag, Sabtu (8/5/2021).


Seperti diketahui, video pidato Jokowi yang mempromosikan bipang Ambawang khas Ambawang, Kalimantan Barat, viral di media sosial. 


Video tersebut disorot karena bipang dinarasikan sebagai babi panggang, yang termasuk makanan haram bagi umat Islam. [Democrazy/dtk]

Penulis blog