Kritik Pidato Jokowi soal Bipang Ambawang, PKS: Kasihan Sih Sebenarnya Beliau, Mungkin Lagi Galau Kali Ya? | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Sabtu, 08 Mei 2021

Kritik Pidato Jokowi soal Bipang Ambawang, PKS: Kasihan Sih Sebenarnya Beliau, Mungkin Lagi Galau Kali Ya?

Kritik Pidato Jokowi soal Bipang Ambawang, PKS: Kasihan Sih Sebenarnya Beliau, Mungkin Lagi Galau Kali Ya?

Kritik-Pidato-Jokowi-soal-Bipang-Ambawang-PKS-Kasihan-Sih-Sebenarnya-Beliau-Mungkin-Lagi-Galau-Kali-Ya

DEMOCRAZY.ID - PKS mengkritik video pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tengah ramai dibahas masyarakat lantaran mempromosikan bipang alias babi panggang Ambawang, khas Kalimantan Barat. 

PKS heran dengan anjuran Jokowi dalam pidatonya tersebut.


"Kasihan sama Pak Jokowi, ucapannya yang kontroversial terkait bipang menunjukkan Presiden lagi galau kali ya," kata Ketua DPP PKS Bukhori Yusuf saat dihubungi, Sabtu (8/5/2021).


Anggota Komisi VIII ini mengaku heran terhadap Presiden Jokowi yang tidak mengetahui bipang adalah babi panggang. 


Terlebih, kata dia, Jokowi menganjurkan pesan online bipang saat hari raya umat Islam.


"Masa dia nggak tahu kalau bipang itu babi panggang, padahal ini kan hari raya umat Islam. Tentunya yang berhak pertama kali merayakan umat Islam, kan Islam melarang makanan yang haram, seperti babi, masa beliau menganjurkan order makanan babi," ucapnya.


Bukhori pun memprotes keras ucapan Jokowi saat pidato tersebut. 


Dia meminta agar Jokowi dan pembisik pidato tersebut meminta maaf kepada umat Islam.


"Gagal fokus makanya bisa jadi nggak sadar atas ucapannya, tetapi hal itu tidak boleh bagi seorang presiden, makanya saya protes keras atas ucapan beliau itu dan sungguh memilukan. Pembisik dan Presiden sendiri karena bagaimanapun yang bicara sekelas presiden dan beliau harus minta maaf kepada umat Islam kalau tidak ingin dirinya dipersalahkan dan di-bully terus-menerus," ujarnya.


Senada dengan Bukhori, Ketua DPP PKS lainnya Mardani Ali Sera juga menilai fatal jika Presiden Jokowi sampai mempromosikan bipang Ambawang. 


Namun dia menduga bisa jadi Jokowi tidak tahu apa itu bipang.


"Seruan Lebaran biasanya untuk kita umat Islam. Fatal seruan mempromosikan bipang Ambawang, karena bagi muslim, pasti haram mengkonsumsi babi. Perlu dicek siapa yang memasukkan kalimat bipang Ambawang, bisa jadi Pak Jokowi tidak tahu apa artinya," tuturnya. [Democrazy/dtk]