Bicara Pentingnya Persatuan, Anies Baswedan: Banyak Negara Lebih Bineka daripada Indonesia | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Rabu, 26 Mei 2021

Bicara Pentingnya Persatuan, Anies Baswedan: Banyak Negara Lebih Bineka daripada Indonesia

Bicara Pentingnya Persatuan, Anies Baswedan: Banyak Negara Lebih Bineka daripada Indonesia

Bicara-Pentingnya-Persatuan-Anies-Baswedan-Banyak-Negara-Lebih-Bineka-daripada-Indonesia

DEMOCRAZY.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri perayaan hari Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Dalam sambutannya, Anies bicara tentang membangkitkan persatuan.


"Bagaimana kita berbicara tentang membangkitkan semangat persatuan. Saya ingin garis bawahi membangkitkan semangat persatuan, kita adalah bangsa yang amat beragam, umat manusia amat beragam," kata Anies di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (26/5/2021).


Anies mengatakan keberagaman adalah kodrat dari ciptaan Tuhan. 


Anies mengatakan umat manusia harus berusaha menciptakan persatuan.


"Keberagaman itu adalah kodrati, keberagaman itu adalah ciptaan Tuhan, karena itulah kita harus mengusahakan persatuan," kata Anies.


Anies kemudian berbicara tentang keunikan Indonesia. 


Dia mengatakan banyak negara yang memiliki keberagaman, namun tak seperti Indonesia


"Karenanya, saya sering menggarisbawahi, yang unik dari Indonesia bukan binekanya, karena banyak bangsa lain lebih bineka dari Indonesia. 


Lihatlah India, lebih bineka dari Indonesia, lihatlah Tiongkok lebih bineka dari Indonesia, bahkan lihatlah Papua Nugini, lebih bineka dari kita, lebih banyak bahasanya, lebih banyak sukunya. Lihatlah Afghanistan, lebih banyak bahasanya, lebih banyak sukunya," tuturnya.


"Tapi yang membedakan yang harus kita banggakan dari Indonesia adalah persatuan Indonesia. Keragaman adalah ciptaan Tuhan, persatuan adalah usaha manusia. 


Persatuan itu hasil usaha kita, kalau keragaman itu bawaan kita. Karena itu, kalau kita mengagungkan bawaan, itu namanya mengagungkan ciptaan Tuhan," sambungnya.


Anies berharap persatuan Indonesia tertanam di diri masing-masing pribadi manusia. 


Anies menyebut, dalam diri manusia perlu dibangun rasa kesetaraan, kebersamaan, dan bekerja sama.


"Inilah yang harus kita dorong, persatuan Indonesia, persatuan yang ada di dalam diri kita, perasaan kesetaraan, perasaan kebersamaan, perasaan bekerja bersama-sama," ucapnya. [Democrazy/dtk]