DAERAH POLITIK

Alamak! Gubernur Kepri Jadi Sorotan Usai Tunjuk Mantan Napi Korupsi Jadi Stafsus

DEMOCRAZY.ID
Mei 29, 2021
0 Komentar
Beranda
DAERAH
POLITIK
Alamak! Gubernur Kepri Jadi Sorotan Usai Tunjuk Mantan Napi Korupsi Jadi Stafsus

Alamak-Gubernur-Kepri-Jadi-Sorotan-Usai-Tunjuk-Mantan-Napi-Korupsi-Jadi-Stafsus

DEMOCRAZY.ID - Kasatgas Koordinasi Pencegahan KPK Wilayah I, Maruli Tua menanggapi mantan napi korupsi, Azirwan, yang malah ditunjuk sebagai Staf Khusus Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad.

Maruli menyarankan Gubernur Ansar Ahmad sebaiknya lebih cermat menunjuk pejabat yang akan membantu tugas-tugas kepala daerah atau jabatan publik di lingkungan Pemprov Kepri.


Gubernur tidak boleh asal menunjuk karena masyarakat mengawasi dan harus yakin bahwa orang tersebut betul-betul profesional dan berintegritas.


"Orang-orang yang ditunjuk harus bisa jadi teladan dalam hal integritas. Artinya, memiliki rekam jejak yang bagus," kata Maruli Tua, Jumat (28/5/2021).


Maruli mengatakan bahwa penempatan figur-figur profesional dan berintegritas, akan mewujudkan sistem pelayanan birokrasi yang bersih dan sehat.


Dengan demikian, potensi perilaku korupsi pada birokrasi di level pemerintah daerah dapat dicegah seminimal mungkin.


"Korupsi di birokrasi daerah masih sangat rentan terjadi, tidak terkecuali di Provinsi Kepri. Makanya, penting memperkuat sistem, integritas, dan komitmen cegah korupsi," demikian Maruli.


Pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad dan Marlin Agustina diketahui menunjuk 18 stafsus.


Rata-rata adalah  tim sukses Ansar-Marlin saat Pilkada Serentak 2020. 


Latar belakangnya beragam mulai dari politisi, mantan pejabat, dosen, penggiat media sosial, hingga mantan narapidana koruptor KPK.


Azirwan adalah mantan napi korupsi penyuapan yang melibatkan mantan anggota DPR Komisi IV dari Fraksi PPP, Al Amin Nasution. Azirwan menyuap Nasution dalam perkara alih fungsi hutan lindung di Pulau Bintan. [Democrazy/idz]

Penulis blog