Usai Diburu Interpol, Jozeph Paul Zhang Ngaku Sudah Bukan WNI Lagi | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Senin, 19 April 2021

Usai Diburu Interpol, Jozeph Paul Zhang Ngaku Sudah Bukan WNI Lagi

Usai Diburu Interpol, Jozeph Paul Zhang Ngaku Sudah Bukan WNI Lagi

Usai-Diburu-Interpol-Jozeph-Paul-Zhang-Ngaku-Sudah-Bukan-WNI-Lagi

DEMOCRAZY.ID - Jozeph Paul Zhang alias Shindy Paul Soerjomoelyono, yang dilaporkan atas kasus dugaan penistaan agama karena menghina agama Islam dan mengaku sebagai nabi ke-26, mengaku sudah melepaskan kewarganegaraan Indonesia. 

KBRI Berlin akan mengecek hal ini ke pemerintah Jerman.


"Kita lagi cek ke pemerintah Jerman, kalau memang jadi WN Jerman," kata Dubes RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno saat dihubungi, Senin (19/4/2021).


Dubes Arif belum bisa bicara lebih jauh terkait kasus Jozeph Paul Zhang ini karena sedang fokus pula mengurus event penutupan Hannover Messe 2021.


Bareskrim Polri sendiri masih memburu keberadaan Jozeph Paul Zhang. 


Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan, sejauh ini penelusuran Polri yang bersangkutan ada di negara Jerman. 


Polri sendiri belum menerima informasi resmi dari pihak berwenang jika Shindy Paul Soerjomoelyono melepas status WNI.


Rusdi menyebut Bareskrim Polri segera memasukkan Jozeph Paul Zhang dalam daftar pencarian orang (DPO). Rusdi mengatakan Interpol juga akan menerbitkan red notice.


"Kemudian langkah berikutnya, Bareskrim Polri akan segera mengeluarkan daftar pencarian orang yang tentunya DPO ini akan diserahkan ke Interpol dan daftar pencarian orang ini menjadi dasar bagi Interpol untuk menerbitkan red notice," kata Brigjen Rusdi dalam jumpa pers di Mabes Polri, Senin (19/4).


Jozeph Paul Zhang juga mengaku sudah melepaskan kewarganegaraan Indonesia. 


Hal itu terungkap dalam video terbaru Jozeph Paul Zhang yang diunggah di akun YouTube seperti dilihat, Senin (19/4). 


Video terbaru menampilkan dia bersama komunitasnya bertemu secara virtual lewat aplikasi Zoom.


Dalam perbincangan, salah satu peserta tampak menyemangati Jozeph Paul Zhang, yang namanya viral dan dicari keberadaannya oleh pihak Bareskrim Polri.


"Jangan gentar ya Pak Paul ya, jangan gentar," kata seseorang dalam pertemuan virtual tersebut.


Jozeph Paul Zhang pun merespons dukungan itu dengan tertawa. 


Dia lantas meminta agar kasus yang menjeratnya tidak dibahas-bahas. 


Dia lantas menjelaskan bahwa dirinya sudah melepas status kewarganegaraan Indonesia.


"Oh iya, ini supaya temen-temen jangan membahas, gini, Saudara, saya ini sudah melepaskan kewarganegaraan Indonesia ya. Jadi saya ini ditentukan oleh hukum Eropa," ujarnya.


"Jadi temen-temen, udah, jangan membahas lagi mengenai masalah itu. Justru yang membuat saya repot sekarang adalah gereja-gereja yang menekan saya," sambungnya. [Democrazy/dtk]