Komisioner KPK Akhirnya Buka Suara Soal Isu Terlibat Kontak dengan Tersangka Korupsi Wali Kota Tanjungbalai | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Jumat, 30 April 2021

Komisioner KPK Akhirnya Buka Suara Soal Isu Terlibat Kontak dengan Tersangka Korupsi Wali Kota Tanjungbalai

Komisioner KPK Akhirnya Buka Suara Soal Isu Terlibat Kontak dengan Tersangka Korupsi Wali Kota Tanjungbalai

Komisioner-KPK-Akhirnya-Buka-Suara-Soal-Isu-Terlibat-Kontak-dengan-Tersangka-Korupsi-Wali-Kota-Tanjungbalai

DEMOCRAZY.ID - Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Lili Pintauli Siregar membantah dirinya pernah berkomunikasi dengan Wali Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara, M. Syahrial.

Lili mengatakan, sebagai bagian dari KPK dirinya terikat dengan kode etik dan peraturan KPK yang melarang berhubungan dengan pihak yang berperkara.


Sebelumnya, Lili dikabarkan sempat berkomunikasi dengan M. Syahrial terkait kasus dugaan korupsi terkait lelang/mutasi jabatan di Pemkot Tanjungbalai.


"Saya tegas menyatakan bahwa tidak pernah menjalin komunikasi dengan tersangka MS [M Syahrial] terkait penanganan perkara yang bersangkutan," ucap Lili saat konferensi pers di Gedung KPK, Jumat (30/4).


"Apalagi membantu dalam proses penanganan perkara yang sedang ditangani oleh KPK," imbuhnya.


Meski begitu, Lili juga mengakui sebagai Pimpinan KPK khususnya dalam pelaksanaan tugas pencegahan, dirinya tidak dapat menghindari komunikasi dengan para kepala daerah.


Namun, ia menjelaskan komunikasi yang terjalin terkait dengan tugas KPK dalam melakukan pencegahan supaya tidak terjadi tindak pidana korupsi.


Ia pun memastikan bahwa KPK akan memproses tegas kasus penyuapan yang dilakukan oleh siapa pun, termasuk M Syahrial.


Klaim Lili, penanganan perkara di KPK dilakukan secara profesional yang didasarkan pada kecukupan alat bukti. 


Jika ada pihak-pihak yang mencoba mengintervensi, KPK akan bertindak tegas.


"Saya juga pastikan KPK tegas memproses tindak pidana yang dilakukan oleh tersangka MS," ucap dia.


Sebelumnya, Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman, mengaku mendapat informasi perihal upaya komunikasi yang dilakukan Wali Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara, M. Syahrial dengan komisioner KPK Lili Pintauli Siregar.


"Saya mendengarnya begitu, bahwa Wali Kota Tanjungbalai [M. Syahrial] berusaha menjalin komunikasi dengan Bu Lili [Lili Pintauli Siregar]. Tapi, apakah Bu Lili menanggapi atau menindaklanjuti seperti apa, saya belum ada informasi," kata Boyamin saat dikonfirmasi melalui pesan suara, Senin (26/4). [Democrazy/cn]