KRIMINAL

Kepala BIN Papua Gugur di Tangan KKB, Komisi I DPR: Mahfud MD Jangan Diam Saja!

DEMOCRAZY.ID
Maret 13, 2024
0 Komentar
Beranda
KRIMINAL
Kepala BIN Papua Gugur di Tangan KKB, Komisi I DPR: Mahfud MD Jangan Diam Saja!

Kepala-BIN-Papua-Gugur-di-Tangan-KKB-Komisi-I-DPR-Mahfud-MD-Jangan-Diam-Saja

DEMOCRAZY.ID - Gugurnya Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI Putu I Gusti Putu Danny Nugraha yang diduga ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Beoga, Kabupaten Puncak harus disikapi serius oleh pemerintah.

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Golkar, Christina Aryani mengatakan, kasus tersebut menjadi peringatan serius bagi pemerintah bahwa situasi di Papua beberapa hari belakangan tidak bisa dianggap biasa-biasa saja.


Menurutnya, eskalasi kekerasan yang makin meningkat dengan jatuhnya korban masyarakat sipil maupun aparat dan pejabat harus menjadi alarm serius untuk memberi tanggapan dan intervensi yang terukur.


"Menko Polhukam (Mahfud MD) perlu mengambil langkah cermat dan terukur untuk segera merespons situasi dan kondisi yang ada," kata Christina Aryani, Senin (26/4).


Politikus muda Partai Golkar ini juga menyebut langkah TNI dalam penugasan di Papua perlu didukung dengan tingkat kewaspadaan sangat tinggi. 


Sebab, pihaknya tidak menginginkan ada korban lagi yang berjatuhan ke depannya, baik dari masyarakat sipil maupun aparat keamanan.


"Komisi I memandang perlu untuk segera menggelar rapat terbatas dengan mitra terkait untuk melakukan evaluasi menyangkut langkah-langkah pengamanan yang selama ini dilakukan di Papua agar masalah ini tidak berlarut-larut dan guna mencegah jatuhnya lebih banyak korban," tegasnya.


Di sisi lain, peristiwa nahas yang terjadi pada Minggu (25/4) itu menjadi duka cita mendalam bagi dirinya dan keluarga besar TNI.


"Tentunya atas jasa-jasa beliau, bentuk penghormatan maupun penghargaan layak diberikan oleh negara," tandas Christina. [Democrazy/rml]

Penulis blog