Jubir Menhan Luruskan Kabar Terkait Viralnya Detasemen Kawal Khusus Kementerian Pertahanan | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Minggu, 11 April 2021

Jubir Menhan Luruskan Kabar Terkait Viralnya Detasemen Kawal Khusus Kementerian Pertahanan

Jubir Menhan Luruskan Kabar Terkait Viralnya Detasemen Kawal Khusus Kementerian Pertahanan

Jubir-Menhan-Luruskan-Kabar-Terkait-Viralnya-Detasemen-Kawal-Khusus-Kementerian-Pertahanan

DEMOCRAZY.ID - Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, meluruskan kabar terkait viralnya Detasemen Kawal Khusus Kementerian Pertahanan (Denwalsus Kemhan) belakangan ini.

Dahnil menjelaskan pasukan tersebut merupakan pasukan jajar kehormatan yang bertugas untuk menyambut tamu-tamu militer.


Dahnil mengatakan pasukan tersebut ada di bawah kendali Mabes TNI.


"Detasemen khusus untuk Pasukan jajar kehormatan menyambut para tamu-tamu militer dari negara-negara hal biasa, sejak lama sudah ada dibawah kendali Mabes TNI yang ditugaskan di Kemhan RI," kata Dahnil, Minggu (11/4/2021).


Hanya saja, dilakukan penyegaran terhadap personelnya.


"Pak Prabowo meminta ke Panglima TNI atau Mabes TNI agar disediakan personel-personel yang secara fisik sempurna karena menjadi "tampilan depan" dalam upacara penyambutan (jajar kehormatan)," kata Dahnil.


Maka, kata Dahnil, pasukan tersebut menampilkan sosok personel militer negara kita ketika menyambut tamu-tamu militer atau Menhan dari negara-negara lain yang berkunjung ke Indonesia.


"Makanya Pak Menhan memberikan perhatian khusus terkait hal ini, karena menjadi salah satu simbol wibawa kita sebagai bangsa dan negara," kata Dahnil.


Ketika ditanya apakah Pasukan Jajar Kehormatan yang dimaksud Dahnil sama dengan Pasukan Detasemen Kawal Khusus yang diunggah di Instagram resmi ajudan Prabowo, Rizky Irmansyah, @rizky_irmansyah, Dahnil mengatakan penjelasannya lebih tepat.


"Tepatnya seperti saya jelaskan di atas," kata Dahnil.


Diberitakan sebelumnya video yang diunggah ajudan Prabowo memperlihatkan puluhan orang yang sedang berbaris di suatu tempat.


Pasukan tersebut terlihat mengenakan pakaian dinas lapangan berwarna loreng hijau hitam dilengkapi baret masing-masing.


Terlihat ada salah satu anggota yang mengenakan baret Kopassus.


Dalam keterangannya di unggahan media sosial tersebut, Rizky menjelaskan Denwalsus memiliki tugas dan fungsi di bidang pengawalan dan pengamanan.


Tugasnya antara lain menjaga keamanan markas Kemenhan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, tamu-tamu khusus Kemenhan, dan tugas penting lainnya. [Democrazy/trb]