POLITIK

Hasil Survei Kinerja Ma'ruf Amin Rendah, Jubir Wapres: Ya Biasa Aja Lah, Namanya Juga Ban Serep

DEMOCRAZY.ID
April 12, 2021
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Hasil Survei Kinerja Ma'ruf Amin Rendah, Jubir Wapres: Ya Biasa Aja Lah, Namanya Juga Ban Serep

Hasil-Survei-Kinerja-Maruf-Amin-Rendah-Jubir-Wapres-Ya-Biasa-Aja-Lah-Namanya-Juga-Ban-Serep

DEMOCRAZY.ID - Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi menanggapi survei Indoesia Political Opinion (IPO) yang menunjukkn tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Wapres Ma'ruf Amin lebih rendah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam hal menangani pandemi Covid-19. 

Menurut Masduki, posisi Ma'ruf yang berada di bawah Jokowi merupakan hal yang wajar dan biasa. 


"Kalau surveinya di atas Presiden malah bingung kita. Kalau Wapres di bawah Presiden, ya biasa. Namanya ban serep, di mana-mana kadang dipakai kadang enggak," kata Masduki dalam konferensi pers secara daring, Senin (12/4/2021). 


Oleh karena itu, Masduki pun meminta agar masyarakat tidak terlalu serius menanggapi survei-survei seperti demikian.


Dalam survei tersebut, Wapres Ma'ruf hanya mendapat 36 persen kepuasan masyarakat yang menjadi responden. 


Sedangkan Jokowi mendapatkan 56 persen. Masduki menekankan, paling penting saat ini adalah Wapres Ma'ruf selalu menunjukkan secara maksimal bahwa ia serius membantu kinerja Presiden. 


Bahkan belum lama ini, Wapres Ma'ruf juga berangkat ke beberapa daerah untuk berbagi tugas dengan Jokowi. 


Terbaru adalah saat Ma'ruf pergi ke Sumatera Barat dan Jokowi pergi ke Nusa Tenggara Timur (NTT). 


"Artinya selalu berbagi antara Presiden dan Wapres. Sebelumnya Wapres datang ke Kalimantan Tengah meresmikan bandara di Muara Teweh. Di saat yang sama, Presiden juga meresmikan bandara di Ambon," kata dia.


"Wapres selalu maksimal membantu Presiden dan tentu saja kapasitasnya sebagai ban serep. Tidak mungkin jadi satu," lanjut Masduki.


Lebih lanjut Masduki mengatakan bahwa gaya kepemimpinan setiap Wapres berbeda-beda dan tidak bisa sama atau disamakan. 


Wapres Ma'ruf sendiri disebutkannya lebih banyak melakukan langah-langkah koordinasi yang diminta Presiden. 


"Jadi tidak ada masalah dengan survei seperti itu. Wapres tetap concern bekerja, alhamdulillah beliau makin sehat dan langsing. Mudah-mudahan kalau Covid-19 bisa makin reda, kalau tancap gasnyya 60-70 nanti bisa 80-90," ucap dia.


Sebelumnya diberitakan, hasil survei IPO menunjukkan, Presiden Jokowi meraih tingkat kepuasan dari masyarakat yang lebih tinggi, yaitu 56 persen, dibandingkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin hanya 36 persen dalam menangani pandemi Covid-19. 


"Terlihat kejomplangan antara tingkat kepuasan terhadap Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Presiden Jokowi mendapat tingkat kepuasan sebanyak 56 persen dari masyarakat, sedangkan Wapres Ma'ruf Amin hanya 36 persen," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion Dedi Kurnia Syah dalam diskusi virtual Polemik MNC Trijaya "Evaluasi Kabinet dan Peta Politik 2024" Sabtu (10/4/2021). [Democrazy/kmp]

Penulis blog