HMI MPO Membantah, Terus Massa Demo Anies dari HMI Mana Dong? | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Selasa, 06 April 2021

HMI MPO Membantah, Terus Massa Demo Anies dari HMI Mana Dong?

HMI MPO Membantah, Terus Massa Demo Anies dari HMI Mana Dong?

HMI-MPO-Membantah-Terus-Massa-Demo-Anies-dari-HMI-Mana-Dong

DEMOCRAZY.ID - Massa membawa bendera HMI, dan menyatakan diri sebagai HMI MPO, berdemonstrasi di Balai Kota mengkritik Gubernur DKI Anies Baswedan. HMI MPO membantah pihaknya terlibat. 

Lalu, itu massa HMI mana?


Ketua Pengurus Besar (PB) HMI MPO, Affandi Ismail, sebelumnya sudah menyatakan tak terkait dengan demonstrasi di Balai Kota hari ini. 


Nah, rupanya, demonstrasi hari ini digelar oleh HMI MPO cabang Jakarta.


"Yang pertama (HMI) cabang Jakarta punya struktur sendiri. Jadi cabang-cabang itu punya struktur sendiri, di HMI itu sendiri. Kemudian PB pun punya struktur sendiri. Dan PB tidak punya hak untuk intervensi cabang-cabang untuk melakukan demonstrasi ataupun kebijakan-kebijakan yang ada di cabang Jakarta," kata Ketum HMI MPO Cabang Jakarta Irfan Maftuh di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (6/4/2021).


Irfan menjelaskan massa demo hari ini berasal dari HMI MPO cabang Jakarta dan Jakarta Selatan (Jaksel). Dia meminta Affandi tidak ikut campur.


"Maka hari ini PB Affandi Ismail saya ingatkan, jangan sampai (HMI MPO) cabang-cabang Jakarta mengkudeta Anda. Saya ingatkan kepada Affandi Ismail, HMI MPO cabang Jakarta dan HMI MPO cabang Jaksel, dan cabang Jakarta keseluruhan, itu akan melawan Affandi Ismail karena beliau tanpa konfirmasi untuk mengatakan bahwa mereka tidak terlibat. Menurut kami, mereka sudah mencampuri urusan internal ataupun struktur HMI cabang Jakarta ataupun cabang se-Jakarta," ujar Irfan.


Bantahan HMI MPO


Sebelumnya, Pengurus Besar HMI MPO membantah bahwa aksi itu atas nama oraganisasinya. 


Dia mengatakan pimpinan tidak ada yang menggelar aksi itu.


"Dengan sangat tegas, saya mengatakan bahwa rencana aksi geruduk Balai Kota itu bukanlah kebijakan Pengurus Besar HMI MPO secara kelembagaan dan saya pastikan tidak ada satu pun Pengurus Besar HMI dan Pengurus Badko HMI yang terlibat dalam rencana aksi tersebut," kata Ketua PB HMI MPO Affandi Ismail, Senin (5/3).


HMI MPO sendiri menilai Anies sebagai kader terbaik meski HMI MPO bakal independen dalam menilai semua kepala daerah.


"Mas Anies adalah salah satu kader terbaik HMI. Lebih khusus, beliau dalam sejarahnya pernah menjadi kader di HMI MPO cabang Yogyakarta," jelas Affandi.


HMI MPO ditegaskannya tetap objektif menilai Anies sama seperti menilai kepala daerah lainnya. 


Bila seorang tokoh salah, HMI MPO akan menegur, sedangkan bila seorang tokoh benar, HMI MPO akan mengapresiasi. [Democrazy/dtk]