Dituding Korupsi, Anies Justru Dipuji Netizen karena Bentuk KPK Ibu Kota: Pemimpin Amanah, 2024 Semakin Yakin! | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Jumat, 09 April 2021

Dituding Korupsi, Anies Justru Dipuji Netizen karena Bentuk KPK Ibu Kota: Pemimpin Amanah, 2024 Semakin Yakin!

Dituding Korupsi, Anies Justru Dipuji Netizen karena Bentuk KPK Ibu Kota: Pemimpin Amanah, 2024 Semakin Yakin!

Dituding-Korupsi-Anies-Justru-Dipuji-Netizen-karena-Bentuk-KPK-Ibu-Kota-Pemimpin-Amanah-2024-Semakin-Yakin

DEMOCRAZY.ID - Belakangan, gencar isu korupsi yang konon dilakukan oleh gubernur DKI Jakarta, yakni Anies Baswedan.

Namun, seolah menepis isu tersebut, baru-baru ini Anies justru dibanjiri pujian netizen lantaran membentuk KPK Ibu Kota untuk mencegah terjadinya korupsi di Jakarta. 


"Kita lakukan di Jakarta adalah dengan membentuk KPK Ibu Kota," ujar Anies di Jakarta pada Kamis, 8 April 2021.


Anies kemudian menjelaskan bahwa lembaga antirasuah ibu kota itu tugasnya untuk membantu gubernur dalam mengawasi dan memantau praktik-praktik yang terjadi di DKI.


"Bila terjadi masalah, maka kita bisa menindak dengan cepat dan akan terus-menerus melakukan peningkatan atau improvement atas sistem kita," sambungnya. 


Anies lantas menyebutkan bahwa ada tiga unsur penyebab orang melakukan tindak pidana korupsi di Indonesia. 


"Kami melihat ada tiga unsur penyebab mengapa muncul korupsi. Saya menggarisbawahi tiga kelompok besar korupsi karena kebutuhan, korupsi karena keserakahan, dan korupsi karena sistem korupsi," jelas Anies.


"Dia harus cari peluang lain untuk bisa menutup kebutuhannya. Bila peluang yang ditemukannya itu merupakan kegiatan di kantor untuk tambahan masih aman, tapi bila kewenangan yang dimilikinya kemudian dipandang sebagai cara untuk mendapatkan pendapatan tambahan, di sinilah letak masalahnya."


Hal kedua, lanjut Anies, korupsi karena keserakahan. Menurutnya, serakah itu sesuatu yang tidak ada ujungnya.


Maka, cara menghadapinya adalah dengan hukuman yang berat, sanksi yang tegas, yaitu sanksi yang tidak pandang bulu. 


Ketiga,soal sistem. Menurut Anies, sistem ini adalah situasi di mana bukan karena kebutuhan, bukan karena keserakahan, tapi karena proses yang dikerjakannya.


"Ini yang perlu solusi sistemik. Disinilah terus menerus harus dicari terobosannya dan mereka-mereka yang memiliki niat untuk melakukan korupsi," pungkas Anies. 


Menanggapi hal tersebut, banyak netizen yang rupanya memberi dukungan penuh pada Anies Baswedan, terlepas dari adanya tudingan korupsi yang dilayangkan cukup banyak pihak. 


"Cegah Korupsi di DKI, Anies Bentuk KPK Ibu Kota. MasyaAllah pak Gub, luar biasa pemimpin amanah," tulis akun @marlina_idha, dikutip terkini.id pada Jumat, 9 April 2021, via Twitter. 


"Semakin yakin 2024 RI -1.Good bener," timpal akun @tiswosolihin6.


"Pemikiran2 Pak Anies seharusnya untuk negera bukan hanya utk DKI, semoga 2024 bisa...," imbuh akun @wilarmono. [Democrazy/trk]