Amien Rais: Rezim Jokowi Terjangkit Penyakit "Nihilisme", Semuanya Diembat! | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Sabtu, 10 April 2021

Amien Rais: Rezim Jokowi Terjangkit Penyakit "Nihilisme", Semuanya Diembat!

Amien Rais: Rezim Jokowi Terjangkit Penyakit "Nihilisme", Semuanya Diembat!

Amien-Rais-Rezim-Jokowi-Terjangkit-Penyakit-Nihilisme-Semuanya-Diembat

DEMOCRAZY.ID - Amien Rais, politikus senior dan mantan Ketua MPR mengatakan bahwa rezim Joko Widodo terjangkit penyakit nihilisme.

Awalnya, Amien Rais mengatakan bahwa ia miris melihat melihat perilaku politik rezim Jokowi yang benci pada oposisi dan sering menabrak peraturan perundang-undangan.


"Saya juga khawatir jangan-jangan Pak Lurah dan para perhubungnya itu mengidap penyakit yang dalam bahasa politik dinamakan nihilisme politik," kata Amien Rais dalam video yang ia unggah di kanal YouTube-nya pada Jumat, 9 April 2021.


Amien Rais kemudian menjelaskan pandangannya soal nihilisme di mana semua aturan dapat ditabrak. 


Ia pun menduga bahwa Jokowi dan oknum-oknum di pemerintahannya sedang melakukan hal tersebut.


"Jadi, saya khawatir jangan-jangan ada oknum-oknum, mungkin juga Pak Lurah nggak sadar (bahwa) yang sedang dikembangkan itu adalah semua bisa ditabrak, semua bisa dihabisi, semua bisa diratakan, semua bisa dipaksakan untuk ikut dengan kemauan pemerintah," ujarnya.


Lebih lanjut, Amien Rais mengatakan bahwa Nihilisme tersebut sebenarnya lebih sering dialami oleh rakyat yang merasa tersudut sehingga akhirnya melabrak aturan. 


Maka, katanya, nihilisme ini sering juga disebut anarko nihilisme.


Namun, kata Amien Rais, jika nihilisme ini hanya dialami oleh rakyat yang lemah, maka setidaknya potensi dan dampaknya dapat diantisipasi.


"Nah, repotnya, sekarang bayangkan kalau negara yang sedang berkuasa itu juga diam-diam, mungkin tidak disadari, sesungguhnya mengembangkan gejaja-gejala atau penyakit anarko nihilisme," papar Amien Rais.


Jika demikian, menurut Amien Rais, maka sudah pasti keutuhan bangsa dan negara akan hancur.


"Jadi kalau sebuah rezim yang berkuasa itu kejangkitan anarko nihilisme tadi, maka seluruh aturan moral, etika, Undang-Undang Dasar, undang-undang, aturan-aturan bernegara lain, itu bisa digasak total," terangnya.


Selanjutnya, Amien Rais lantas menekankan kepada Jokowi soal pentingnya kendali moral dan ideologi dalam pemerintahan.


"Pak Jokowi, Pak Lurah, saya memang ingin menggaris-bawahi bahwa kalau kita tidak ada lagi kendali moral, kendali ideologi, kendali politik-sosial-ekonomi-hukum, dan lain-lain karena kita tidak sadar telah masuk terjebur kepada anarko nihilisme tadi, maka sesungguhnya lantas semua boleh jalan terus," ungkapnya.


Amien Rais memberikan contoh hal-hal merugikan yang akan jalan terus jika pemerintah mengidap nihilisme.


Di antaranya yaitu pembakaran hutan, illegal logging, memindahkan SDA ke negeri asing, adu domba umat Islam, adu domba antar-bangsa, dan kebohongan. [Democrazy/trk]