Aksi Terorisme di Indonesia Jadi Sorotan Amerika, Pak Prabowo Sampai Dihubungi | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Kamis, 01 April 2021

Aksi Terorisme di Indonesia Jadi Sorotan Amerika, Pak Prabowo Sampai Dihubungi

Aksi Terorisme di Indonesia Jadi Sorotan Amerika, Pak Prabowo Sampai Dihubungi

Aksi-Terorisme-di-Indonesia-Jadi-Sorotan-Amerika-Pak-Prabowo-Sampai-Dihubungi

DEMOCRAZY.ID - Aksi terorisme di Indonesia jadi sorotan negara luar seperti Amerika Serikat. Mereka menyoroti aksi teroris mulai dari penangkapan terduga teroris di berbagai lokasi, penyerangan Gereja Katedral Makassar, hingga teror di Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri).

Kekinian, Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) Lloyd J Austin III dikabarkan menghubungi Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto melalui untuk membahas soal serangkaian serangan teroris.


Dalam keterangan pers di situs Pentagon Defense.gov, secara khusus pikah AS melalui Menhan Austin menyampaikan rasa belasungkawa atas sejumlah serangkaian penyerangan yang didalangi oleh kelompok teroris.


Secara khusus, pihak AS menyebut serangkain serangan yang disorot ialah yang terjadi belakangan ini di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan dan Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.


“Menteri Austin menyampaikan belasungkawa atas serangan teroris baru-baru ini di Makassar dan Jakarta,” tulis dalam situs tersebut, Kamis (1/4/2021).


Dalam komunikasi melalui jaringan telepon yang dilakukan pada Rabu, 31 Maret 2021, pihak AS juga menegaskan kembali pentingnya hubungan bilateral antara AS dengan RI.


Menhan Prabowo selaku perwakilan Indonesia mengucapkan selamat atas pengangkatan Austin sebagai Menteri Pertahanan Amerika Serikat yang baru.


Lebih lanjut, kedua Menhan juga mengingatkan kembali soal lingkungan keamanan regional, termasuk situasi yang menantang di Laut China Selatan, serta kerjasama pertahanan bilateral yang selama ini terjalin.


Menhan Austin secara spesifik menjelaskan pentingnya melakukan pengembangan lebih lanjut terkait hubungan pertahanan antara kedua negara.


Salah satunya dengan latihan atar Angkatan Darat; Garuda Shield, yang dijadwalkan bakal berlangsung pada bulan Agustus 2021.


Agenda inilah disebut sebagai kesempatan untuk membangun interoperabilitas yang lebih besar antara angkatan bersenjata kedua negara.


Sebagaimana diketahui sebelumnya, sejumlah aksi penyerangan teroris terjadi belakangan ini setelah aparat tim Densus 88 dikabarkan menangkap sejumlah gembong teroris di berbagai daerah.


Terbaru salah satu tempat ibadah umat Katolik di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan diserang bom bunuh diri yang didalangi oleh pasangan suami istri.


Kemudian pada penyerangan yang terjadi di Mabes Polri, dilakukan oleh seorang wanita berkurudung dengan mengacungkan senjata api. [Democrazy/sra]