Peluang Hasto Duduki Ketum PDIP Suram, Begini Hitungannya | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Jumat, 19 Maret 2021

Peluang Hasto Duduki Ketum PDIP Suram, Begini Hitungannya

Peluang Hasto Duduki Ketum PDIP Suram, Begini Hitungannya

Peluang-Hasto-Duduki-Ketum-PDIP-Suram-Begini-Hitungannya

DEMOCRAZY.ID - Regenerasi kepemimpinan Partai Demokrati Indonesia Perjuangan (PDIP) tengah mengemuka beberapa hari kebelakang. 

Bahkan muncul nama-nama calon kandidat Ketum PDIP seperti Hasto dan BG yang layak menduduki posisi puncak tentunya atas petunjuk Megawati.


Dari beberapa nama yang muncul, merupakan sosok yang memang tak asing namanya karena sudah sering terlihat dan pernah menduduki jabatan di pemerintah hingga saat ini.


Dari nama-nama yang muncul belakangan, santer terdapat dua nama yang cukup kuat dan memiliki hubungan erat baik pada PDIP maupun Megawati yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua Umum PDIP.


Nama-nama Calon Kandidat Ketum PDIP


Dari nama yang muncul menurut Pakar hukum dan politik Universitas Nasional (Unas), Saiful Anam, terdapat kelebihan dan peluang yang bisa diukur dari dua nama yang muncul sebagai sosok pengganti Megawati di masa depan.


Dari nama yang muncul diantaranya Hasto Kristiyanto dan Budi Gunawan yang dikenal sebagai pejabat di pemerintahan. 


Namun bagaimana perhitungan antara kedua orang yang digadang akan menjadi Ketum PDIP.


Saiful Anam sendiri menilai, Hasto Kristiyanto memang dikenal memiliki track record yang bags di PDIP dengan keunggulan mampu menerjemahkan pemikirannya Megawati.


“Secara kapasitas dan kapabilitas Hasto memiliki keunggulan yang cukup baik untuk menjabat sebagai Ketua Umum PDIP,” jelasnya.


Meski demikian, Sekjen PDIP tersebutdinilai Saiful Anam akan cukup berat untuk bisa meyakinkan Megawati Soekarnoputri.


Berbeda dengan Budi Gunawan yang akan menjadi pesaing Hasto memperebutkan posisi Ketum PDIP, dimana Kepala Badan Intelijen Nasional ini dikenal sangat lengket dengan Megawati sejak 2019.


Atas pertimbangan tersebut, tak menutup kemungkinan jika Megawati akan lebih memilih Budi Gunawan dibanding pesaingnya.


“Megawati juga bukan tidak mungkin akan lebih memilih Budi Gunawan yang justru lebih dekat dengan Megawati,” tuturnya.


Karenanya agak sulit bagi Hasto yang ingin mendapatkan posisi Ketum PDIP atas restu dari Ketum saat ini Megawati Soekarnoputri.


Sistem Pemilihan Ketum PDIP di Tangan Megawati


Sistem regenerasi yang ada di PDIP sendiri bukan menggunakan sistem pemilihan namun menggunakan cara yang berbeda.


Dimana pemilihan dilakukan dengan adanya pengusulan berjenjang dari struktur bawah partai hingga atasnya. Sehingga nama yang dimunculkan merupakan nama rekomendasi dari kader partai.


“Makanya yang muncul selalu nama Megawati. Jadi sesungguhnya siapapun Ketum nanti. Itu tergantung Bu Mega,” ungkap Ujang Jumat 19 Maret 2021.


Ujang sendiri tak memiliki prediksi nama yang mampu menjadi pilihan Megawati, meski dirinya menilai jika sosok Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto akan sulit menjadi Ketum PDIP.


Sepak terjang yang pernah menjabat sebagai Sekjen selama dua periode sendiri, bukan menjadi jaminan dirinya bisa mulus melenggang memegang tampuk kepemimpinan partai.


Perhitungan tersebut, tentu masih kasar dan bisa berubah ketika Sekjen PDIP tersebut bisa menjadi Ketum saat ditunjuk oleh Megawati Soekarnoputri. [Democrazy/hps]