Live FB Ajak Mahasiswa Bakar Bendera Merah Putih, Ferry Kini Harus Mendekam di Balik Jeruji Besi | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Senin, 29 Maret 2021

Live FB Ajak Mahasiswa Bakar Bendera Merah Putih, Ferry Kini Harus Mendekam di Balik Jeruji Besi

Live FB Ajak Mahasiswa Bakar Bendera Merah Putih, Ferry Kini Harus Mendekam di Balik Jeruji Besi

Live-FB-Ajak-Mahasiswa-Bakar-Bendera-Merah-Putih-Ferry-Kini-Harus-Mendekam-di-Balik-Jeruji-Besi

DEMOCRAZY.ID - Ferry Pakage, warga Jayapura, Papua kini harus meringkuk di penjara setelah memposting potongan video secara live streaming video di Facebook yang mengajak untuk membakar bendera merah putih.

Polisi pun telah melimpahkan berkas perkara tahap satu milik Ferry  ke Kejaksaan Negeri Jayapura pada Senin (29/3/2021), hari ini.


Kasus itu diungkap oleh Satuan Reskrim Polresta Jayapura Kota yang melalukan patroli siber dan menemukan video tersebut. 


Kasus itu kemudian dilaporkan kepada Satgas Siber Ops Nemangkawi untuk dilakukan penyelidikan.


Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyayangkan kejadian pelanggaran hukum dilakukan oleh pemuda yang masih produktif dan seharusnya mampu berkarya bagi negeri dan tanah air.


"Kepada pemuda pemudi Papua agar menggunakan media sosial dan 'handphone' kalian dengan bijak. Negara Indonesia adalah negara hukum, segala bentuk pelanggaran yang dilakukan baik secara 'offline' maupun 'online' akan berhadapan dengan hukum," tegas Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Iqbal sepertidilaporkan Antara.


Iqbal mengakui, kebebasan berpendapat ada bagi mereka yang bertanggungjawab.


"Saring sebelum 'sharing', ini penting menjadi perhatian warga semua," ujarnya.


Oleh karena itu, generasi muda Indonesia di Papua diingatkan tidak larut dalam trend teknologi demi konten untuk melakukan berbagai aksi menjadi viral yang dapat membuat pelakunya terancam dipenjara karena harus berhadapan dengan hukum.


Untuk kegiatan demi konten potongan video live streaming video ajakan akan membakar bendera merah putih yang viral dilakukan warga berinisial Ferry Pakage.


Didapati fakta bahwa video viral tersebut dibuat pada 27 Oktober 2020 sekitar pukul 12.39 WIT bertempat di Seputaran Waena Kota Jayapura.


Ferry sebelumnya dengan memakai akun Facebook bernama Cobalt melakukan live streaming dan memprovokasi mahasiswa Uncen untuk ikut berunjuk rasa, dengan judul live streaming “unjuk rasa Otsus Jilid II”.


Dalam video live streaming dengan durasi 1 jam 09 menit 23 detik, pada durasi menit ke 3.15 sampai dengan 4.10, terdapat adegan seseorang sedang menarik bendera merah-putih untuk dibakar.


Serta seseorang yang merekam dengan mengeluarkan kata-kata, “ bakar…bakar…bakar…bakar….. di jalan saja." [Democrazy/sra]