Banyak Pengamat Meragukan Hasil Survei 65 Persen Anak Muda Puas Kinerja Jokowi | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Rabu, 24 Maret 2021

Banyak Pengamat Meragukan Hasil Survei 65 Persen Anak Muda Puas Kinerja Jokowi

Banyak Pengamat Meragukan Hasil Survei 65 Persen Anak Muda Puas Kinerja Jokowi

Banyak-Pengamat-Meragukan-Hasil-Survei-65-Persen-Anak-Muda-Puas-Kinerja-Jokowi

DEMOCRAZY.ID - Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komaruddin meragukan hasil survei yang menyebut 65 persen kalangan anak muda puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo. 

Pasalnya, kata Ujang, banyak kaum milenial yang merasakan dampak buruk dari Undang-undang Cipta Kerja.


"Saya sih ragu dengan hal-hal yang itu. Karena hari ini banyak juga milenial yang terdampak akibat UU Cipta Kerja Omnibuslaw," ujar Ujang, Selasa (23/3/2021).


Bahkan, lanjutnya, banyak kelangan masyarakat yang kecewa dengan Omnimbuslaw yang digagas Jokowi tersebut. 


Sehingga berbanding terbalik dengan hasil survei yang menunjukkan kepuasan terhadap kinerja Jokowi.


"Banyak yang kecewa disaat kecewa, tapi hasil survei menganggap puas. Tapi saya tidak menyalahi survei," ucap dia.


Ujang menuturkan sah-sah saja jika ada yang menyebut 60 persen lebih hasil survei puas terhadap kinerja Jokowi asal objektif dan bisa dipertanggungjawabkan. 


Menurutnya banyak survei-survei yang sengaja dibuat untuk mengiring opini masyarakat.


"Saya akan bilang objektif asal dilakukan dengan benar, bisa dipertanggungjawabkan hasilnya sah-sah saja. Tapi tidak sedikit lembaga survei juga yang melakukan surveinya yang mohon maaf pesenan dan lain-lain itu yang kami khawatirkan," kata dia.


Dalam sebuah video yang diunggah di kanal Youtube Rocky Gerung Official, Senin (22/3) wartawan senior Hersubeno Arief menyebutkan hasil survei dari sebuah lembaga yang menyebut lebih dari 50 persen anak muda puas dengan kinerja Jokowi.


Rocky Gerung lantas menanggapi hasil survei tersebut dengan nada tak percaya.


Ia menyebut jika benar 65 persen anak muda Indonesia puas dengan kinerja Jokowi, maka 65 persen anak muda Indonesia tak pernah baca koran dan memahami permasalahan-permasalahan bangsa.


"65 persen anak muda di Indonesia puas dengan kinerja dan yang tidak puas itu anak muda di DKI Jakarta. Orang kemudain jadi mikir ini pasti dikaitkan dengan Anies Baswedan," ujar Hersubeno.


"Kalau dikatakan 65 persen anak muda puas dengan kinerja Presiden Jokowi, itu artinya 65 persen anak muda Indonesia tidak pernah baca koran, tidak pernah tahu kasus pengambilalihan Partai Demokrat, tidak pernah tahu problem kartel beras, tidak pernah tahu korupsi yang terus dibiarkan, tidak pernah tahu bahwa Habib Rizieq itu dianiaya," ujar Rocky. [Democrazy/sra]