-->

Breaking

logo

Selasa, 02 Februari 2021

Viral Mahasiswa Skripsi Harus Kasih Bunga ke Dosen, UIN Makassar Langsung Bentuk Tim Penyelidikan

Viral Mahasiswa Skripsi Harus Kasih Bunga ke Dosen, UIN Makassar Langsung Bentuk Tim Penyelidikan

Viral-Mahasiswa-Skripsi-Harus-Kasih-Bunga-ke-Dosen-UIN-Makassar-Langsung-Bentuk-Tim-Penyelidikan

DEMOCRAZY.ID - Viral di media sosial soal mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar diwajibkan memberi tanaman bunga kepada dosen sebagai syarat konsultasi skripsi. 

UIN Makassar membenarkan peristiwa tersebut dan tengah mengusutnya.


Peristiwa ini terjadi di Jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Makassar. 


Dosen yang belum diketahui identitasnya itu meminta mahasiswa bimbingannya untuk membawakan tanaman hias sebagai syarat konsultasi skripsi.


"Sebenarnya informasi tentang adanya kasus seorang dosen yang mempersulit mahasiswa, sudah diterima oleh Rektor hari Sabtu (30/1). Pada hari Ahad (31/1) Rektor menyampaikan untuk segera menindaklanjuti laporan tersebut," ujar Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Alauddin Dr. dr. Syatirah Jalauddin dalam keterangan resminya, yang diterima, Selasa (2/2/2021).


Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Makassar juga sudah membentuk tim untuk mengusut kasus ini.


"Untuk saat ini kami sementara bentuk tim kecil di fakultas untuk mengusut kasus itu," katanya.


Menurut Syatirah, tim tersebut sudah mengagendakan untuk memanggil salah seorang mahasiswa yang diduga dimintai tanaman hias sebagai syarat konsultasi skripsi, bahkan sebelum kasus ini mencuat ke publik.


Syatirah juga menyampaikan, hasil pengusutan dari tim kecil itu nantinya akan diserahkan sepenuhnya pada Komisi Penegakan Kode Etik (KPKE) universitas untuk diproses.


"Apapun hasilnya, akan kami serahkan kepada KPKE untuk diproses," imbuhnya.


Media sudah menghubungi mahasiswa yang disebut dimintai membawa bunga hias saat konsul skripsi ke dosennya. 


Namun mahasiswa tersebut belum memberikan komentar.


Kasus ini menjadi viral usai tangkapan layar percakapan via aplikasi pesan antara dosen dan mahasiswa tersebut beredar di media sosial. 


Dalam tangkapan layar tersebut tampak mahasiswa mengirimkan sejumlah foto tanaman hias kepada dosennya untuk dibawa saat konsultasi skripsi. 


Selain itu, dalam percakapan itu juga terlihat dosen mewajibkan mahasiswa yang hendak datang konsul skripsi untuk membawa bunga. [Democrazy/dtk]