POLITIK

Jabat Wali Kota, Anak & Menantu Jokowi Bakal Dapat Pengawalan Paspampres

DEMOCRAZY.ID
Februari 21, 2021
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Jabat Wali Kota, Anak & Menantu Jokowi Bakal Dapat Pengawalan Paspampres

Jabat-Wali-Kota-Anak-Menantu-Jokowi-Bakal-Dapat-Pengawalan-Paspampres

DEMOCRAZY.ID - Anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka (Gibran) yang menjadi Wali Kota Solo mendapat pengawalan dari Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres). 

Begitu pula menantu Jokowi, Bobby Nasution yang menjabat Wali Kota Medan mendapat pengawalan Paspampres.


Paspampres mengawal anak dan menantu presiden diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 59 Tahun 2013. 


PP ini mengatur Pengamanan Presiden dan Wapres, Mantan Presiden dan Wapres beserta Keluarganya, serta Tamu Negara Setingkat Kepala Negara/Kepala Pemerintahan. 


Pasal 3 poin 3 PP tersebut mengatur keluarga Presiden dan Wapres meliputi istri atau suami Presiden, anak Presiden atau Wapres, serta menantu Presiden atau Wapres mendapat pengamanan. 


Ini artinya tidak hanya Gibran di Solo tapi juga Bobby Nasution, menantu Presiden Jokowi yang terpilih menjadi Wali Kota Medan akan mendapat pengamanan dari paspampres. 


Pengamanan anak dan menantu meliputi pengamanan pribadi, pengamanan kegiatan, dan pengawalan. 


Selanjutnya pada Pasal 10 diatur pelaksanaan pengamanan anak dan menantu Presiden/Wapres dilakukan oleh Paspampres dan Satuan Komando Kewilayahan Dikoordinasikan dengan Polri. 


Ketentuan lebih lanjut pengamanan anak dan menantu itu ditetapkan Panglima TNI. 


Tak sampai di situ saja, Pasal 28 menyebutkan menteri, Kapolri dan pimpinan lembaga serta pimpinan instansi terkait sesuai dengan kewenangannya, bertanggung jawab memberikan dukungan kelancaran penyelenggaraan pengamanan Presiden dan keluarga. 


Ketentuan lebih lanjut mengenai pemberian dukungan terhadap kelancaran penyelenggaraan pengamanan Presiden/ Wapres beserta keluarganya diatur oleh Menteri, Kapolri, dan pimpinan lembaga serta pimpinan instansi sesuai dengan kewenangannya. 


Atas dasar itu Kementerian Pertahanan pada 28 Januari 2014 mengeluarkan Peraturan Menteri Pertahanan Nomor 02 Tahun 2014 tentang Kebijakan Pengamanan Presiden/Wapres, Mantan Presiden dan Mantan Wapres beserta Keluarga serta Tamu Negara. [Democrazy/suaranas]

Penulis blog