Geger! Beredar Foto Soal Ujian Sebut Ganjar Orang Islam, Tapi Tak Pernah Salat | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Senin, 08 Februari 2021

Geger! Beredar Foto Soal Ujian Sebut Ganjar Orang Islam, Tapi Tak Pernah Salat

Geger! Beredar Foto Soal Ujian Sebut Ganjar Orang Islam, Tapi Tak Pernah Salat

Geger-Beredar-Foto-Soal-Ujian-Sebut-Ganjar-Orang-Islam-Tapi-Tak-Pernah-Salat

DEMOCRAZY.ID - Foto soal ujian yang beredar di media sosial menjadi bahan perbincangan. Pasalnya, soal ujian tersebut dianggap rancu.

Di dalam salah satu soal pilihan ganda yang diduga ujian mata pelajaran pendidikan agama islam tertera nama Pak Ganjar.


Tokoh Pak Ganjar dideskripsikan sebagai orang islam, namun tidak salat. Siswa lantas diminta untuk menyebut sifat tokoh itu tergolong yang mana.


Berikut bunyi soalnya.


Meskipun sudah mendapatkan rezeki yang banyak, Pak Ganjar tidak pernah bersyukut. Sebagai orang islam,. ia pun tidak pernah melaksanakan salat. Pak Ganjar termasuk orang yang...


a. beruntung, b. beriman, c. bangkrut dan d. rugi


Kemunculan soal ujian tersebut mendapat perhatian dari mantan politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean. Dia menyayangkan soal tersebut.


Menurutnya tokoh dalam soal tersebut memiliki kemiripan nama dengan tokoh di Indonesia, sehingga tak etis dikeluarkan.


Geger-Beredar-Foto-Soal-Ujian-Sebut-Ganjar-Orang-Islam-Tapi-Tak-Pernah-Salat

"Entah siapa penulis buku ini dan entah digunakan di sekolah mana tp ini kurang ajar. Sesungguhnya ini pola propaganda yangg jahat dan bentuk pencemaran nama baik orang bernama “Ganjar” terlepas itu dari politik. Terlebih saat ini ada politisi Ganjar yang sedang naik daun karena kinerjanya," tulis Ferdinand.


Soal ujian itu juga dibagikan oleh pengguna Twitter @Gus_Raharjo. Dia bahkan menuliskan narasi di mana soal tersebut muncul.


"Nama Pak Ganjar, muncul pada soal di buku ajar Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti untuk kls 3 dan 4SD. Anehnya, di buku itu disebut sbgai sosok yg tak pernah bersyukur, sebab tiap Idul Adha tak pernah berkurban, bahkan tak pernah salat," tulisnya


Dia bertanya-tanya mengapa mesti memakai kata Pak Ganjar. Pengunggah pun memention akun penerbit buku dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.


"CC: @Tiga_Serangkao, @ganjarpranowo. Hhmmm…Kenapa kok harus pakai nama Ganjar ya, padahal kan ada banyak nama yang bisa dipilih. Buku terbitan PT Tiga Serangkai Solo terbitan tahun 2020 yang ditulis Ali Shodiqin ini tidak beredar di Jateng, namun diedarkan di SDIT Bekasi," tulisnya. [Democrazy/sra]