Disebut Tak Miliki Calon Sekualitas AHY dan Anies, PDIP Jawab Rocky Gerung | DEMOCRAZY News | Portal Berita Indonesia - berita terbaru, berita terkini, berita indonesia, politik -->

Breaking

logo

Minggu, 07 Februari 2021

Disebut Tak Miliki Calon Sekualitas AHY dan Anies, PDIP Jawab Rocky Gerung

Disebut Tak Miliki Calon Sekualitas AHY dan Anies, PDIP Jawab Rocky Gerung

Disebut-Tak-Miliki-Calon-Sekualitas-AHY-dan-Anies-PDIP-Jawab-Rocky-Gerung

DEMOCRAZY.ID - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) Hendrawan Supratikno mengkritik pernyataan pengamat politik Rocky Gerung yang menyebut partainya tidak memiliki calon sekualitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Menurut Hendrawan, basis data yang digunakan Rocky Gerung (RG) dalam melontarkan kesimpulan seperti itu masih belum lengkap.


"Ada dua catatan terhadap penilaian RG. Pertama, basis data yang Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno mengkritik pernyataan pengamat politik Rocky Gerung yang menyebut partainya tidak memiliki calon sekualitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.digunakan RG untuk membuat simpulan tersebut masih belum lengkap. RG terkendala oleh persepsi orang luar (outsider), bukan pemahaman orang dalam (insider)," kata Hendrawan Supratikno, Minggu (7/2/2021).


Kedua, kata Hendrawan, dalam kepemimpinan politik, assessment kualitas bukan satu-satunya sumbu penentu. 


"Karena ada faktor lain seperti akseptabilitas, kekuatan struktur dan jaringan pendukung, serta faktor keberakaran tokoh dalam kerja-kerja politik," kata anggota Komisi XI DPR RI ini.


Lebih lanjut Hendrawan berpendapat bahwa penilaian orang luar, termasuk idealitas dan fantasi-fantasinya, tetap menjadi masukan bagi partainya. 


"Namun, untuk algoritma keputusan politik, bahan baku yang dimiliki orang dalam lebih lengkap. Filsafat RG harus dilengkapi firasat dan gelagat arah kontestasi ke depan," kata legislator dari daerah pemilihan Jawa Tengah X ini.


Sebelumnya, Rocky Gerung menilai Anies Baswedan dan AHY memiliki kemampuan dalam menyikapi isu-isu global yang dapat membawa Indonesia berbeda dengan saat ini. 


Adapun kesimpulan Rocky Gerung tersebut disampaikannya dalam bincang-bincang dengan Hersubeno Arief di channel Youtube Rocky Gerung, Jumat, 5 Februari 2021. [Democrazy/sdnw]