-->

Breaking

logo

Kamis, 18 Februari 2021

Curhat Gubernur Kalsel ke Jokowi: Infrastruktur Hancur!

Curhat Gubernur Kalsel ke Jokowi: Infrastruktur Hancur!

Curhat-Gubernur-Kalsel-ke-Jokowi-Infrastruktur-Hancur

DEMOCRAZY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Kamis (18/2/2021) meresmikan Bendungan Tapin yang terletak di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Di depan Jokowi, Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA mengakui bahwa kehadiran bendungan ini dibutuhkan masyarakat sekitar. 


Apalagi, saat ini beberapa infrastruktur di kabupaten lain mengalami kehancuran.


"Beberapa infrastruktur di kabupaten lain juga mengalami kehancuran, dan sepertinya membutuhkan bendungan ini. Seperti di hulu Sungai Tengah, di bendungan Pancur Hanau," kata Safrizal.


Selain melaporkan sejumlah infrastruktur mengalami kehancuran kepada Jokowi, Safrizal juga mengutarakan adanya usulan dari masyarakat maupun pemerintah daerah untuk pembangunan jalan lintas barat.


Jalan ini akan mencakup Marabahan, Tapin, Amuntai, hingga ke Tanjung Perbatasan Kalimantan Timur. 


Jalan lintas ini diharapkan menjadi alternatif kawasan metropolitan Banjarmasin dan kawasan industri Batulicin.


"Sampai dengan rencana calon Ibu Kota dan hal ini sangat diharapkan. Karena jalan transportasi akibat dari banjir hanya tunggal dan akan timbulkan masalah distribusi logistik kalau hanya tunggal," katanya.


Sebelumnya saat memberikan pengarahan, Jokowi telah menegaskan, fungsi bendungan Tapin nantinya bukan hanya mengaliri sawah, menghasilkan aliran listrik, atau air baku melainkan juga dalam rangka pengendalian banjir.


"[Bendungan] ini bisa perkuat ketahanan pangan karena bisa sediakan pangan 57.200 hektare dan juga menyediakan air baku 0,50 meter kubik per detik," tegasnya. [Democrazy/cnbc]