DAERAH PERISTIWA

Astaga! Anggota Keluarga Kerajaan Solo Dikunci di Ruang Gelap, Tak Dikasih Makan

DEMOCRAZY.ID
Februari 12, 2021
0 Komentar
Beranda
DAERAH
PERISTIWA
Astaga! Anggota Keluarga Kerajaan Solo Dikunci di Ruang Gelap, Tak Dikasih Makan

Astaga-Anggota-Keluarga-Kerajaan-Solo-Dikunci-di-Ruang-Gelap-Tak-Dikasih-Makan

DEMOCRAZY.ID - Anggota keluarga kerajaan Solo dikunci di ruangan yanpa makan dan minum. Bahkan ruangan itu gelap.

Mereka adalah GKR Wandansari atau Gusti Moeng, GKR Timoer Rumbai, dua penari bernama Warna dan Ika, serta seorang pembantu.


Kelima keluarga kerajaan Solo itu dikunci sejak, Kamis (11/2/2021) siang.


Hingga Jumat (12/2/2021) pintu keraton tersebut masih dikunci dari luar sehingga mereka belum bisa keluar.


Mereka terkunci dengan kondisi tanpa makanan. Air dan listrik juga dimatikan. Bahkan, kompor gas dan tabung gas untuk memasak diambil.


Sedangkan kerabat yang hendak mengantarkan makanan untuk mereka tidak diizinkan masuk.


Salah satu abdi dalem Keraton Solo, yang anaknya ikut terkunci di dalam Keraton, Yemmy Triana, cemas dengan kondisinya anaknya.


"Anak saya penari, namanya Warna. Dia ikut ndherekke Gusti [Gusti Moeng] yang mau nemui tamu. Kemarin siang saat masuk mereka sudah makan tapi setelah di dalam saya enggak tahu mereka sudah makan atau belum," ujar Yemmy, kepada wartawan saat menunggu untuk mengantar makanan di Kompleks Keraton Solo, Jumat (12/2/2021).


Yemmy khawatir karena di dalam Keraton gelap, listrik dimatikan.


"Apalagi bangunan Keraton gedhene sakmono, pohonnya besar-besar, dan kotor, kalau ada ular bagaimana?" ujarnya.


Yemmy yang datang bersama beberapa abdi dalem untuk membawakan makanan untuk mereka yang dikunci di dalam Keraton Solo belum bisa masuk hingga Jumat siang.


Ia mengaku sempat berkomunikasi dengan anaknya pada Kamis malam namun sulit karena baterai ponsel anaknya hampir habis sedangkan listrik untuk mengisi ulang dimatikan.


"Semalam kata anak saya dua kali listrik dimatikan, yang terakhir dimatikan sampai pagi. Kalau pagi ini katanya sudah menyala lagi dan sudah bisa men-charge HP," ujar abdi dalem yang juga mantan penari Bedhaya itu.


Yemmy juga mengaku sempat berbicara dengan Gusti Moeng melalui telepon. Dalam pembicaraan itu, Gusti Moeng mengatakan tidak akan meninggalkan Keraton karena itu juga rumahnya.


Ketua Lembaga Hukum Keraton Solo, KP Eddy Wirabhumi, yang juga suami Gusti Moeng, mengatakan istrinya memang berniat menyelesaikan masalah tersebut agar tidak terjadi lagi di kemudian hari.


Eddy pun tidak menjawab secara jelas ketika ditanya apa upayanya untuk mengeluarkan istrinya dan empat orang lain yang dikunci di dalam Keraton Solo itu.


Sebagaimana diinformasikan, Gusti Moeng, GKR Timoer, dua penari dan seorang pembantu terkunci di dalam Keraton Solo sejak Kamis siang. GKR Timoer sempat mengunggah foto dan video kondisi di dalam Keraton tempatnya dikunci.


"Putri yg terkurung versi 2," tulisnya pada caption foto yang ia unggah, Kamis sekitar tengah malam.


Dalam foto dan video itu tampak ruangan yang gelap gulita. Hanya ada beberapa lilin untuk penerangan.


Sementara di bagian luar Kori Kamandungan tampak petugas dari kepolisian berjaga.


"Mereka sengaja mematikan lampu, supaya apa? Supaya putri yang terkurung versi kedua tidak betah," ucap GKR Timoer dalam salah satu video yang ia unggah. [Democrazy/sra]

Penulis blog