-->

Breaking

logo

Jumat, 29 Januari 2021

Abu Janda Dilaporkan Atas Dugaan Rasis, Komisi III Komentar Hal Ini

Abu Janda Dilaporkan Atas Dugaan Rasis, Komisi III Komentar Hal Ini

Abu-Janda-Dilaporkan-Atas-Dugaan-Rasis-Komisi-III-Komentar-Hal-Ini
DEMOCRAZY.ID - Permadi Arya atau Abu Janda dipolisikan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) terkait dugaan rasisme ke Natalius Pigai. Komisi III DPR RI mendorong kepolisian tak pandang bulu untuk menyikapi kasus dugaan rasisme.

"Polisi tidak boleh pandang bulu, tapi polisi harus profesional menyikapi tentang kasus rasisme yang ada," kata Wakil Ketua Komisi III, Ahmad Sahroni, kepada wartawan, Kamis (28/1/2021) malam.


Soal tak pandang bulu, kata Sahroni, selaras dengan pernyataan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 


Dia mengatakan setiap orang punya persamaan hak di depan hukum.


"Lagi-lagi, sesuai dengan motonya Pak Kapolri, bahwa semua penindakan hukum berlaku pada semua pihak, tidak membeda-bedakan status," ujar Sahroni.


"Mari kita tunggu dan kita lihat tentang kasus rasisme yang ada," imbuhnya.


Abu Janda sebelumnya dipolisikan KNPI terkait cuitan 'evolusi' yang ditujukan kepada Natalius Pigai. 


KNPI melaporkan Abu Janda ke Bareskrim atas tuduhan rasial kepada Natalius Pigai.


Laporan tersebut bernomor: LP/B/0052/I/2021/Bareskrim pada Kamis 28 Januari 2021. Abu Janda dilaporkan atas dugaan melanggar Pasal 45 ayat (3) juncto Pasal 27 ayat (3) dan/atau Pasal 45 A ayat (2) juncto Pasal 25 ayat (2) dan/atau Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Kebencian atau Permusuhan Individu dan/atau Antargolongan (SARA), Pasal 310 dan/atau Pasal 311 KUHP.


Abu Janda mengklarifikasi bahwa cuitannya itu bukan rasial. Abu Janda menyebut laporan KNPI bersifat asumtif.


"Kalau dari konteks objek laporannya sebenernya kan itu kan asumtif, jadi mereka berasumsi bahwa saya ini rasis. Padahal kalau dari kalimatnya nggak ada, pertama konteksnya bukan menyatakan, tapi bertanya," kata Abu Janda saat dihubungi, Kamis (28/1).


Namun, menurutnya, kemudian Rocky Gerung yang awalnya menggiring opini seakan kata-kata 'evolusi' dalam cuitannya adalah berkaitan dengan teori evolusi Darwin. 


Abu Janda sendiri mengaku tidak mempercayai teori Darwin.


"Saya ini seorang muslim, saya meyakini Nabi Adam itu manusia pertama di bumi, saya tidak percaya teori Darwin. Cuma orang tidak bertuhan, ateis yang percaya teori Darwin dan yang pertama menggiring opini comment saya ke teori Darwin memang Rocky Gerung yang ateis, dia kan pernah terang-terangan mendukung ateisme," ujarnya. [Democrazy/dtk]